ads

Thursday, May 14, 2015

TV SAVIRA MATI TOTAL

Kali ini masuk servisan TV merk SAVIRA dengan kondisi matot ( mati total )

TV SAVIRA

langkah pertama buka 6 baut pengunci tutup belakang, selanjutnya buka tutup belakang sambil mencabut kabel penghubung antena dan kabel Audio Video.
Setelah tutup belakang terbuka, lepas kabel-2 yang terhubung ke mainboard, lalu ambil mainboard untuk di bersihkan dan di cek secara visual.  dari pengamatan visual terlihat beberapa elco di area sekunder smps sudah mulai kering, meskipun dari atas kelihatn masih bagus, namum begitu di lepas nampak bagian bawah sudah mulai kembung.

CAPASITOR MAINBOARD TV SAVIRA

Segera saja ganti beberapa elco tersebut sesuai dengan nilai yang tertera di bodi elco.  Selesai penggantian elco, pengecekan di lanjutkan ke transistor horisontal D2586, ternyata transistor dalam kondisi masih normal. Selanjutnya di lakukan pengecekan tegangan keluaran smps, dengan posisi transistor horisontal masih di lepas, ternyata tegangan tidak keluar sama sekali alias nol. Kecurigaan pun tertuju pada transistor power regulator c6048. Sebelum melepas transistor power regulator tak lupa cek tegangan di elco besar, ternyata disini masih tersimpan tegangan tingginya, yang menandakan regulator tidak bekerja dengan semestinya sehingga tegangan hanya sampai pada elco ini.
Selanjutnya buang tegangan yang tersimpan di elco ini dengan bohlam 100w, selelah itu dilakukan pelepasan transistor power regulator. dan hasilnya ternyata masih dalam kondisi bagus. Pengecekan pun di lanjutkan di area regulator, dan akhirnya ditemukan biang keladi matinya regulator yaitu R520 bernilai 120K dalam kondisi putus.

R 520 MAINBOARD TV SAVIRA


penggantian R520 pun dilakukan, selanjutnya dilakukan tes, dan hasilnya regulator bekerja dengan normal.
Langkah selanjutnya pasang transistor horisontal untuk pengetasan, dan alhamdulillah tv menyala dengan normal.

NORMAL TV SAVIRA


tv, dinyalakan tanpa antena terpasang.

Demikian langkah perbaikan TV SAVIRA yang masuk pada kondisi mati total, semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment