ads

Saturday, October 10, 2015

MESIN TV CHINA TIDAK ADA SIARAN

Ada panggilan service TV dengan keluhan mati total.
     Langsung menuju ke TKP, dan di dapati sebuah TV jadul tapi cukup bermerk yaitu SONY, tv ini masih menggunakan box kayu. Hadew, sepertinya bakalan lama ini pikirku. Setelah peralatan dikeluarkan, segera aku buka tutup belakang tv yang terbuat dari hardboard dengan membuka beberapa baut, lalu aku pindahkan tutup belakang tv tersebut, dan sekarang terlihat apa yang ada di dalam box tv. ternyata mesin tv sudah diganti dengan mesin buatan china.
     Sedikit merasa lega, langsung lakukan pembersihan dan pengecekan, di temukan saklar tidak bekerja dengan baik, dicoba tekan berulang-ulang akhirnya bisa normal kembali, ini terjadi karena kotoran yang menggangu kinerjanya. Selanjutnya lepas transistor Horisontal untuk di cek. ternyata masih dalam kondisi prima.
     Langkah berikutnya cek lepas dan cek transistor power supply, hasilnya juga masih dalam kondisi baik. pasang kembali transistor powe supply dan dilakukan uji coba. dan hasilnya power supply bekerja dengan normal. Cek tegangan out power supply juga muncul semua,

     Alhamdulillah akan cepat selesai ini, pikirku sambil memasang transistor Horisontal untuk uji coba berikutnya. Setelah kabel listrik di colokkan dan tombol power di tekan terdengar suara khas FBT bekerja dan berikutnya layar tv membuka dengan warna biru. berikutnya coba pasang antena untuk melihat siaran, tapi kok tidak ada siaran yang muncul, tekan tombol P+ dan P- beberapa kali dan tetap tidak ada siaran. penasaran, selanjutnya coba scan kembali programnya. dan hasilnya :

mesin china scanning tidak ada siaran 006 service

belum sesuai harapan, scanning sudah di chanel UHF sampai hampir selesai belum ada gambar satupun dan masih pada posisi 0.
     Pengecekan dilanjutkan ke tegangan VT di tuner, ternyata normal, tegangan-2 di IC chroma LA 76810 juga normal, Haduh apanya ya,,,,,, karena belum punya solusi terpaksi minta ijin tuan rumah untuk membawa mesin TV ke rumah, biar lebih santai dalam berfikir.
     Hari berikutnya baru melanjutkan mengerjakan mesin ini, pertama lepas TV tuner dan ganti dengan tuner yang jelas masih bagus, selanjutnya uji coba, ternyata hasil masih sama, tidak ada perubahan sama sekali.
     Tuner diganti tidak ada perubahan, tegangan di ic chroma dicek juga normal, kemudian baru terpikir jangan-2 IC nya bermasalah. selanjutnya siap2 dengan alat sedot timah dan solder untuk melakukan penggantian IC chroma.

mesin tv china tidak ada siaran la 76810 006 service


tampak bawah mesin tv china tidak ada siaran 006 service

IC LA 76810 yang diganti 006 service


   Setelah dilakukan penggantian ic, scanning program kembali, dan akhirnya gambar mulai bermunculan.
      Demikianlah, akhirnya TV pun bisa menyala dengan normal.

Box tv sony dengan mesin china di dalamnya 006 service

Semoga bermanfaat.



11 comments:

  1. kebetulan banget nih tv saya jg problem nya seperti diatas....tanks gan atas info nya

    ReplyDelete
  2. kebetulan banget nih tv saya jg problem nya seperti diatas....tanks gan atas info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo bisa dicoba. Siapa tau penyebabnya sama.
      Trims atas kunjungannya.

      Delete
    2. Monggo bisa dicoba. Siapa tau penyebabnya sama.
      Trims atas kunjungannya.

      Delete
  3. Salam kenal mas . Tv saya juga hilang siarang mas..dan di waktu di cek tegangan. Di tuner kaki if..ngak ada dan tegangan 33 nya hilang sewaktu si serd proggram ngak ada tenganan sama skali...atau 0 vold.. tolong mas gimana cara memperbaiki nya tv aaya udah di ganti pake mesin cina wansonic mas...

    ReplyDelete
  4. Salam kenal mas . Tv saya juga hilang siarang mas..dan di waktu di cek tegangan. Di tuner kaki if..ngak ada dan tegangan 33 nya hilang sewaktu si serd proggram ngak ada tenganan sama skali...atau 0 vold.. tolong mas gimana cara memperbaiki nya tv aaya udah di ganti pake mesin cina wansonic mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tegangan 33volt hilang, ya tinggal telusuri daja jalur vt sampai ke power supply, barangkali ada jalur/resistor putus.

      Delete
  5. Mau tanya klok tv gak ada sinyal padahal antena baru kok tetap warna biru
    Apa penyebabnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo tv china bisa dicoba sesuai artikel ini, kalau merk lain ya mirip mirip gitu langkahnya.

      Delete
  6. Siaran tv muncul tp bruwet smua...kaya kurang peka gt. Antena udh pake bosster tetap saja Apa penyebabnya jg sm IC cromanya error. Tv cina devatec

    ReplyDelete
  7. Persamaan transistor ST8050D apa mas?

    ReplyDelete