ads

Friday, October 9, 2015

EVERCOSS AT1C LEMOT DAN NYEDOT PULSA

     Kali ini mengerjakan tablet evercoss model AT1C dengan keluhan terasa lambat/lemot dan menghabiskan pulsa, waduh mungkin agak aneh mendengarnya, biasanya keluhan nyedot itu nyedot batre sehingga cepat habis daya baterainya. Tapi kali ini nyedot pulsa, di isi pulsa berapa pun dalam waktu tidak terlalu lama akan cepat habis, di ganti kartu pun tetap sama.

evercoss at1c 006 service



     Langkah pertama coba restart tablet. pada waktu restart ada sedikit hal aneh yang saya temukan yaitu update software. 
     Langkah selanjutnya coba masuk ke beberapa menu, dan terasa benar memang agak berat dalam membuka beberapa aplikasi yang seharusnya cukup ringan. misalnya saja membuka kontak saja memerlukan waktu loading yang cukup lama. selanjutnya masuk ke pengaturan aplikasi, terlihat banyak sekali aplikasi yang memerlukan koneksi internet, pantas saja pulsa cepat habis, berikutnya hapus aplikasi-2 yang memerlukan koneksi internet tetapi tidak begitu penting dalam komunikasi.
     Setelah beberapa aplikasi dihapus memang sudah sedikit ada perubahan, sudah ada perkembangan lumayan, saya pikir dengan melakukan restart maka akan lebih cepat lagi, akhirnya di restart lagi tabletnya, ternyata masih ada pesan seperti restart sebelumnya yaitu update software, selanjutnya setelah beberapa lama, kok ada aplikasi lagi yang tadi sudah saya hapus, 
     Kembali masuk ke pengaturan aplikasi, dan benar saja beberapa aplikasi telah muncul kembali, penasaran saya hapus semua aplikasi satu persatu yang tidak familier di telinga. dari sekian banyak aplikasi, ada 2 aplikasi yang benar-2 aku heran yaitu aplikasi monkey.test dan time service karena aplikasi ini iconnya robot android tidak seperti aplikasi2 yang lain yang mempunyai icon. karena merasa tidak penting 2 aplikasi ini ikut saya hapus. selanjutnya restart lagi.
     Restart juga masih di jumpai pesan update software, langsung masuk ke pengaturan aplikasi, dan tenyata dari semua aplikasi yang tadi dihapus, masih muncul 2 aplikasi monkey test dan time service. Kelihatannya aplikasi ini semacam virus, beberapa saat kemudian muncul lagi beberapa aplikasi yang tadi sudah di hapus.
     Dengan rasa penasaran, saya backup data penting yang ada di tablet dan langkah selanjutnya adalah di recovery. Untuk masuk ke menu recovery mode adalah dengan menekan tombol v+ dan power bersamaan, setelah muncul gambar robot tekan v+ untuk masuk ke menu.  Untuk geser menu kebawah gunakan v- dan untuk pindah ke atas tekan tombol power dan untuk memilih/ok tekan v+, pilih wipe data /factory reset dan tekan ok(V+) akan muncul pilihan no dan yes, geser dan pilih yes, maka tablet akan melakukan format data dan mengembalikan tablet pada posisi seperti dari pabrik.
selanjutnya pilih reboot, maka tablet akan restart.
     Pada waktu restart, kembali di suguhi tulisan update software. apalagi ini. penasaran setelah selesai restart langsung masuk ke menu pengaturan aplikasi, dan duh.......duh.... duh..... 2 aplikasi tadi masih muncul, langkah selanjutnya coba matikan data dan wifi. dan ternyata di biarkan beberapa lama tablet kelihatan normal. setelah itu coba nyalakan data lagi dan tunggu beberapa saat, lhadalah ternyata mulai muncul lagi aplikasi2 yang aneh2.
     Karena dengan recovery tidak membuahkan hasil, langkah terakhir yaitu flashing atau memprogram ulang tablet dengan software baru yang fresh, setelah proses flashing selesai. tekan tombol power untuk menghidupkan tablet, dan kali ini tidak dijumpai pesan update software lagi. selanjutnya kembali masuk ke pengaturan aplikasi, dan alhamdulillah aplikasi monkey test dan time service sudah tidak muncul lagi. jalankan beberapa aplikasi sudah terasa ringan, ini berarti tablet bisa dinyatakan sembuh/normal.

evercoss at1c normal kembali 006 service

     Demikian sedikit pengalaman saya dalam menangani tablet evercoss at1c yang lambat/lemoot dan nyedot pulsa. semoga bermanfaat.


2 comments:

  1. Replies
    1. Flashing menggunakan sp flash tool, program dan firmware sudah banyak yang share.

      Delete