ads

Thursday, October 8, 2015

TV GOLDSTAR MATOT ( MATI TOTAL )

Masuk service an TV goldstar 14" dengan kondisi matot alias mati total.
Langsung bongkar tutup belakang tv, ambil mesin dan bersihkan. ini dia penampkannya :

mesin tv goldstar 006 service

setelah di bersihkan
langkah perbaikan pertama cek jalur listriknya, cek kabel listrik menggunakan avometer, dan di temukan kabel putus 1 jalur di tengah, Pikirku bakalan cepat selesai ini, ambil kabel yang masih bagus, lalu coba colokkan listrik, pencet tombol power on dan lampu ledpun menyala, pertanda power supply telah bekerja, tapi.... kok kelihatan redup. coba tekan p+ tidak ada perubahan sama sekali.
Langkah selanjutnya cek TR horisontal, aduh... panas sekali, wah...wah ada yang tidak beres di bagian horisontal. lepas TR horisontal, dan cek dengan avometer, dan beruntung masih bagus, tidak jebol waktu di coba tadi.
Kecurigaan pun langsung ke FBT, mata langsung mengamati FBT dan benar saja, ada bagian dari FBT yang bekas meleleh, langsung saja lepas FBTnya. dan ini dia FBT yang bocor:


FBT Goldstarr 054-064P 006 service

Singkat cerita, langsung pergi nyari penggantinya,ini dia:

FBT1 Goldstarr 054-064P 006 service

 dan segera dipasang pada mesin. sebelum pasang TR Horisontal cek tegangan B+ dll dan hasilnya normal semua. Selanjutnya pasang TR horisontal dan di uji coba.
Colokkan kabel listrik, pencet tombol power dan ledpun menyala dengan terang, selanjutnya pencet P+ dan dan terdengar suara khas FBT mulai bekerja, tunggu beberapa saat terlihat semut dah berkeliaran di layar tapi masih redup, putar screen untuk ajustmen, sekarang semutnya dah kelihatan jelas.
Selanjutnya pasang antena, dan gambar pun akhirnya muncul, tapi masih kabur, putar-2 pengaturan fokus sampai di dapat gambar yang paling jelas.
Setelah setting screen dan fokus selesai,matikan kembali tv dan pasang tutup belakang TV.
Selesai dan tunggu bayaran. 


No comments:

Post a Comment