ads

Tuesday, October 20, 2015

TV SANYO GAMBAR HANYA DI TENGAH, ATAS BAWAH GELAP

     Dapat panggilan untuk service TV merk SANYO 14" dengan keluhan gambar hanya ada di tengah, sedang bagian atas dan bawah gelap.
     Setelah mendapat keterangan dari tuan rumah, tv pun coba saya nyalakan, dan hasilnya memang seperti apa yang di uraikan tadi.

TV sanyo gambar hanya di tengah 006 service



 
 Segera, saya keluarkan peralatan untuk memulai perbaikan tv ini.
Pertama-tama ambil obeng untuk membuka baut pengunci tutup belakang tv ini, ada 6 buah baut yaitu 4 baut di empat sudut tv dan 2 baut di bagian konerktor rca tv, Setelah baut berhasil di lepas, selanjutnya buka tutup belakang tv.
     Langkah berikutnya adalah membuang sisa muatan yang ada di kop anoda tv, caranya adalah, ambil kabel probe multi tester. ujung satu di hubungkan ke ground, sedang ujung satunya di selipkan ke karet tutup ujung anoda, perlu hati-hati karena sisa muatan tegangan masih cukup besar.
     Berikutnya adalah melepas semua kabel-kabel yang tersambung ke board tv yaitu kabel power ac, kabel defleksi yoke, kabel degausing, kabel speaker, kabel anoda fbt dan kabel ground. setelah semua kabel tercabut, selanjutnya adalah melepas board yang menempel ke belakang tabung tv, dan  menarik keluar mesin tv.
     Setelah mesin tv berhasil di tarik keluar, langkah selanjutnya adalah membersihkan mesin tv dari debu dan kotoran yang menempel pada mesin.  Gunakan kuas dan peniup udara untuk membersihkan kotoran-kotoran tersebut. Langkah ini di lakukan agar kita dapat melihat dengan jelas komponen-komponen tv yang rusak. selain itu kotoran juga dapat menyebabkan kerusakan pada tv jika nantinya ada udara lembab yang mengakibatkan sort atau konslet antar komponen yang di akibatkan kotoran atau debu tebal yang menempel.

mesin tv sanyo 14" 006 service


     Setelah mesin terlihat bersih dari kotoran dan debu, saatnya melakukan pengamatan secara visual pada komponen-komponen yang menempel di board. Dari penjelasan dan uji coba di awal tadi, pengamatan pertama langsung ke area vertikal. di dapati C524 1000 mikro 25v terlihat melembung di bagian atas, sedang di area lain, tidak ditemukan kejanggalan.
     Dari hasil pengamatan visual di ketahui tv ini menggunakan IC power supply STR W6753, transistor horisontal TT2138, IC vertikal LA 78040, audio LA 42105.
Langkah berikutnya balikkan mesin tv dan amati solderan pada mesin, dan di temukan beberapa titik solderan terlihat retak, juga terlihat IC utama berbentuk SMD menempel di bagian bawah mesin TV, untuk serinya lupa tidak mencatat,
     Kerusakan sudah ditemukan, langkah berikutnya adalah melakukan penggantian C524 yang kembung dengan yang baru, coba buka tas, tidak ditemukan kapasitor dengan nilai yang sama, yang ada hanya bernilai 1000 mikro, 35v. jadi c524 di ganti dengan 1000 mikro 35v, setelah itu resolder di titik-titik yang tadi kelihatan retak dan titik-titik lain yang rawan panas.
     Resolder atau solder ulang telah selesai di kerjakan, langkah selanjutnya tinggal mencoba mesin ini. Pasang kembali kabel-kabel yang tadi di lepas ke mesin yang posisi masih belum di masukkan ke tempatnya. dan alhamdulillah tv telah penuh gambarnya.
     Berikutnya masukkan mesin tv ke tempat semula dan pasang kembali tutup belakang tv.
     Demikianlah langkah penanganan service panggilan tv 14" merk sanyo dengan keluhan gambar hanya ada di tengah, sedang bagian atas dan bawah gelap, semoga bermanfaat.


5 comments:

  1. Bos sy juga punya tv sanyo 14" gmbar sprti bos punya.sy sudh gnti ic vertkl tetp gk lebar.mulanya yoke hngus jlur vertkl.kira2 apanya trmksh sblumnya?

    ReplyDelete
  2. ya kondisi yoke sudah korosi sudah dimakan usia....solusi ganti yoke nya dengan yng sesuai tipe..trmkasih

    ReplyDelete
  3. biaya service kira2 brp kalau masalah seperti diatas?

    ReplyDelete
  4. kasus yang saya hadapi adalah awal di nyalakan gambar penuh hanya kadang bergetar, dan setelah 5 mnit gambar perlahan menyempit bagian bawah, mhon pencerahan nya gan, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih seputar area vertikal, bisa solderan kendor atau memang elco sudah kering minta di ganti. Cek solderan dan solder ulang. Jika masalah masih sama ganti elco2 nya.

      Delete