ads

Wednesday, October 21, 2015

TV SHARP 14A20MS MATI TOTAL

     Pagi ini dapat panggilan lewat telpon untuk memperbaiki tv merk sharp dengan keluhan matot alias mati total.
     Setelah menyiapkan peralatan secukupnya, segera meluncuk ke lokasi yang telah di sampaikan oleh penelepon tadi,
     Sesampai di tempat tujuan, langsung menuju meja dimana tv dipajang. coba tancapkan colokan listrik lalu pencet power, dan memang tidak ada reaksi sama sekali dari tv, alias mati total.




TV sharp 14a20ms mati total 006 service

     Setelah melihat gejala awal. tv langsung pindah ke lantai untuk dilakukan otopsi.
pertama-tama balikkan tv untuk melepas baut-baut penutup belakang tv, terlihat model tv di bagian belakang tutup tv.


     Ada beberapa baut untuk mengunci tutup belakang tv ini, setelah terbuka semua, tarik ke belakang tutup tv dan terlihatlah isi dari tv sharp ini, tak lupa tancapkan solder untuk mulai kerja.
     Tak seperti biasanya yang penuh dengan debu dan kotoran, mesin tv ini masih kelihatan bersih, hanya ada debu tipis yang menempel. Segera lakukan bersih-bersih mesin tv dari debu dan kotoran meskipun hanya sedikit, agar nanti dalam proses perbaikan tidak menghambat.
setelah cukup bersih, lepas semua jalur kabel-kabel yang terhubung dengan mesin tv ini, tak lupa untuk membuang sisa muatan yang ada di ujung kabel fbt.
Selanjutnya tarik keluar mesin tv , ini lah tampak atas mesin tv sharp ini :


mesin tv sharp mati total 006 service



     Selanjunya balikkan mesin tv, ini adalah penampakannya :

tampak bawah mesin tv sharp 14a20ms 006 service




     Melihat gejalanya tadi, kecurigaan langsung tertuju ke bagian power supply. untuk menghindari terkena strum akibat sisa muatan, saya ambil multi tester untuk pengecekan pada kapasitor besar di primer power supply, dan benar saja masih ada sisa tegangan yang cukup besar di sini, ini pertanda power supply benar-benar terhambat sehingga tidak bisa bekerja dengan baik. segera ambil bohlam 100w yang selalu ada dalam perlengkapan untuk membuang sisa muatan listrik yang ada di kapasitor.

Bohlam 100w untuk buang sisa tegangan 006 service

tempelkan ujung-ujung kabel ke masing-masing kutub kapasitor, dan byar,,,, bohlam menyala sesaat kemudian padam, pertanda muatan yang ada di kapasitor telah kosong.
     Langkah berikutnya pengecekan pada bagian power supply, dan perhatian langsung tertuju pada ic STR W6753, tempelkan ujung solder ke kaki-kaki ic dan sedot dengan penyedot timah. satu persatu kaki IC str telah bersih dari timah. selanjutnya lepaskan baut pada pendingin str dan ambil str. ganti STR dengan yang baru. solder dengan hati-hati kaki-kakinya, lalu baut kembali.
     Selesai dilakukan penggantian IC str, langkah selanjutnya coba pasang kembali mesin tv. Colokkan kabel power ke colokan PLN dan pencet tombol power, terlihat lampu led telah menyala merah, pencet tombol P+ nampak led berubah menjadi hijau, dalam hati berharap akan lancar, namum harapan tinggallah harapan, ternyata lampu kembali merah alias standby,
     Pemeriksaan pun dilanjutkan dengan pengecekan solderan. setelah dilakukan pencermatan, ternyata ditemukan beberapa titik solderan retak, dan bahkan beberapa komponen nampak seperti terlepas bila di pegang dengan jari. Penyolderan ulang pun dilakukan dibeberapa titik tadi, dan juga di titik-titik yang rawan panas seperti di bagian horisontal dan vertikal.
Setelah selesai resoldering, uji coba ke dua pun dilakukan, dan alhamdulillah kali ini sudah tidak ada kendala lagi, lampu led hijau tidak kembali merah, tapi diikuti dengan munculnya gambar dan suara.

TV sharp 14a20ms normal lagi 006 service


     Setelah dicoba beberapa saat tidak ada masalah, selanjutnya pasang kembali tutup belakang tv.

     Demikian langkah saya dalam menangani panggilan service tv sharp 14a20ms yang rusak dengan keluhan mati total, dan mohon maaf karena keterbatasan waktu tidak sempat menulis bagian-bagian dari tv ini, dan hanya sempat mengambil gambarnya saja. mudah-mudahan bermanfaat.




7 comments:

  1. mas mau tanya kalau tv sahrp fine crystal 14inc model c14k1, kalau R612 yang dekat ic vertical nilai nya brp kilo ya mksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf belum punya skema model itu. coba ke mbah google saja, berdasarkan no chasis saja. karena 1 seri chasis bisa untuk beberapa model, hanya ada beberapa penambahan/pengurangan fasilitas.

      Delete
  2. numpang tanya ya gan. gambar sama persis PCB nya. tp jenis STR by beda YAITU STR.6754. nah penyakitnya bgn awal nya mati total udh di ganti STR.nya diode 3.6v ada yg pecah dkt STR. di ganti. tp tv blm nyala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah dipower supply gampang2 susah gan, coba di teliti ulang satu persatu, sapa tau ada kelewatan. Beban utama b+ di cabut dulu.

      Delete
  3. Tolong mas tv sharp saya mati total14 inci

    ReplyDelete
  4. Kalo di gacun jalur nya mana aja yg di cut mas makaih sebelumnya

    ReplyDelete