ads

Saturday, May 9, 2015

PRINTER CANON MP287 ERROR P03

Printer Camon MP-287 kondiri error di tampilan layar terlihat huruf P di lanjutkan 0 dan 3 (P03) sedang di monitor komputer terlihat keterangan paper jamp./ kertas nyangkut, 

Pesan paper jam muncul karena di printer sudah diprogram untuk menampilkan pesan error tersebut berdasarkan sensor yang telah dipasang di printer tersebut.
Sensor akan mendeteksi dan memberikan sinyak kepada ic program untuk mengeluarkan pesan error tersebut apabila ada kertas yang menghalangi atau nyangkut di printer. Jadi pesan paper jam muncul jika ada kertas yang masih nyangkut, atau bisa juga sensornya rusak sehingga selalu memberikan sinyal ke program supaya menampilkan pesan tersebut. 


berikut langkah perbaikan yang saya lakukan.
Pertama-tama saya lihat dengan teliti apakah ada kertas atau sobekan kertas yang masih nyangkut di printer. Hasilnya nihil sama sekali tidak ada sedikitpun kertas yang nyangkut yang mengganggu kinerja sensor printer, namun memang terlihat sekali debu dan kotoran yang ada, namun secara teknis hal itu tidak terlalu berpengaruh pada kinerja sensor printer.
Langkah selanjutnya adalah membongkar printer. Saya asumsikan para pembaca sudah paham cara membongkar printer canon MP-287, 

dan ini adalah gambar canon MP-287 yang sudah di bongkar.





Selanjutnya mencabut koneksi sensor kertas yang ada di mainboard printer.


coba nyalakan printer, jika sebelumnya scanner di lepas jangan lupa dipasang dulu.

Pesan P03 sudah tidak muncul lagi, ini menandakan bahwa sensor kertas memang sudak rusak.
langkah selanjutnya adalah mengganti sensor kertas yang rusak.
Sensor kertas error ada 3 bagian  yaitu :



Karena belum mempelajari karakteristik sensor tersebut, sehingga belum bisa cara test sensor tersebut, maka try and error pun dilakukan. cabut dan ganti sensor satu persatu.
dan hasilnya di ketahui sensor yang error adalah bagian yang ini :


Setelah dilakukan penggantian sensor tersebut, akhirnya printer normal kembali.

Sekian, mudah-mudahan bermanfaat

No comments:

Post a Comment