ads

Wednesday, May 6, 2015

TV KONKA MATI TOTAL

     Dapat service an TV merk Konka dengan kondisi matot (mati total) menurut keterangan si empunya, tv ini sudah dicoba di bongkar dan utak-atik sendiri untuk belajar tapi tidak berhasil, akhirnya di bawa ke tempat saya.
     Untuk memulai, awal mula ku buka tutup belakang tv. Selanjutnya kuamati mainboar tv ini. TV ini menggunakan ic chroma OM 8361, IC program CKP100251, FBT BSC25-0206, Vertikal LA 7830, Horisontal dan power regulator kosong ( tidak terpasang ), driver power supply menggunakan IC TDA 4605.
     Selanjutnya saya lakukan penggantian pada bagian regulator. Karena kondisi partnya tidak ada, saya lakukan penggantian dengan FET seri R6015, selanjutnya saya lakukan uji coba power supply. sebelumnya daya putus dulu beban yang menuju FBT. Untuk menghindari kerusakan lagi power regulator, dalam pengujian ini daya mengganti sekring dengan bohlam 100 w. Setelah kabel saya colokkan tampak bohlam nyala terang selanjutnya redup dan akhirnya mati. ini menandakan bahwa regulator telah normal, pengecekan dilanjutkan dengan pengukuran tegangan keluaran dan hasilnya normal semua.
     Langkah berikutnya melepas bohlan dan diganti sekring kembali, selanjutnya memasang kembali beban ke FBT untuk pengujian. Kali ini semua tegangan drop, hampir tidak ada. Kecurigaan tertuju pada FBT karena TR Horisontal tidak terpasang. langsung saja aku lepas FBT untuk di lakukan pengujian dengan multitester. haduh... ternyata semua kaki-kaki FBT nyambung, pantas saja tegangan pada hilang. Penggantian FBT pun di lakukan, namun karena seri FBT tersebut tidak ada, aku ganti dengan seri lain yang susunan kakinya sama BSC25-0111, adapun urutan kaki-kaki FBT ini adalah = 1. colektor , 2. 180v, 3. B+ 4. Gnd, 5. AFC 6. 12v 7. ABL 8. heater, 9. NC 10. NC.
     Setelah penggantian FBT, langkah berikutnya pasang TR Horisontal, karena sebelumnya kosong, aku pasang TR D2499. tak lupa lakukan solder ulang di beberapa titik yang kelihatan retak solderannya. selanjutnya dilakukan uji coba.dan hasilnya TV menyala dengan normal.

Sekian, mudah-mudahan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment