ads

Sunday, May 31, 2015

Solusi /menghindari Baterei / Accu Lampu emergency cepat rusak

     Listrik sering padam ? Kalau ya pasti tidak akan asing lagi dengan yang satu ini. Ya.. lampu emergency, alat inilah yang kita andalkan jika terjadi pemadaman listrik. Tapi bagaimana jika tiba-tiba listrik mati tapi lampu emergency tidak mau menyala atau cuma nyala sebentar dan tidak tahan lama?. Hal ini lah yang sering kita alami dengan lampu emengency yaitu baterei/accu cepat rusak atau tidak menyimpan listrik.
     Dari pengalaman ku ada beberapa hal yang menyebabkan accu cepat rusak


  1. Kualitas dari baterei itu sendiri, Kualitas baterei paling berpengaruh terhadap keawetan dan daya simpan baterei. Sulit memang kita mengetahui kualitas dari baterei karena kita tidak punya alat untuk mengetahui itu, Tips dari ku belilah di tempat yang paling anda percaya, merk tidak jadi jaminan karena banyak juga beredar merk-2 palsu. Sedikit yang perlu diperhatikan coba anda bandingkan beratnya, dari pengalaman yang lebih berat cenderung lebih awet karena sel didalamnya lebih banyak. ( menurut pengalaman penulis ).
  2. Kerusakan di rangkaian lampu emergency. Hal ini juga berpengaruh, karena jika terjadi kerusakan maka dapat menyebabkan accu/baterei short/konslet, Konslet inilah yang menyebabkan accu cepat rusak.
  3. Kesalahan dalam isi ulang/charge. dari pengalaman ku lampu yang di pasang terus menerus ke jaringan listrik cenderung lebih cepat rusak accunya. Kenapa ? Karena rangkaian di dalam nya akan bekerja terus menerus tanpa henti.  Bisa anda bayangkan jika anda di minta terus bekerja tanpa istirahat. pasti capek kan?  Itu pula yang terjadi pada rangkaian jika terus-menerus ki colok ke jaringan listik, tentu akan cepat lelah/rusak. Meski dari pabrik sudah dirancang dengan maksud baik, yaitu apabila listrik tiba-tiba padam lampu langsung menyala. tapi bagaimana mau menyala kalau rangkaian rusak akibat tidak berhenti kerja?
  4. Kalau langkah ke 3 sudah anda lakukan, langkah selanjutnya yaitu jangan lakukan isi ulang sebelum bateri benar-benar habis. karena sel dalam accu akan cenderung lebih cepat rusak kalau di isi ulang sebelum habis.


     Demikian pengalamanku untuk menjaga agar accu/baterei lampu emergency tidak cepat rusak.
mudah-mudahan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment