ads

Tuesday, May 5, 2015

PANASONIC TC-21GX50J MATI SENDIRI

     Dapat service an TV panasonic flat dengan model TC21GX50J dengan keluhan TV awal dinyalakan normal, tapi setelah beberapa lama TV mati sendiri.

panasonic t-21gx50j 006 service

     Setelah saya coba ternyata memang setelah beberapa menit menyala normal, TV mati sendiri. benar-benar mati bukan protek. di pencet-pencet tombol maupun di remote tidak ada reaksi sama sekali. Tapi begitu power off di tekan kemudian di on tv nyala normal lagi, setelah itu mati lagi.

     TV pun ku bongkar dengan membuka casing belakang setelah melepas beberapa baut, setelah di bongkar terlihat komponen pendukung tv ini.  TV ini menggunakan single chip C5AA00000217 dengan kaki zig-zag, transistor horisontal C6073, vertikal AN 15525, FBT ZTFP12507A, Power supply STR w6754, IC audio tertutup plat pendingin tidak sempat membuka.

mesin Panasonic tc-21gx50J-1 nyala 006 service


     Melihat gejalanya, kecurigaan tertuju bagian power supply, pengecekan pertama kali pada elco besar di bagian power supply 220 /400 v, pada elco ini masih tersimpan setrum yang menandakan rangkaian power suply tidak bekerja. segera saja ku buang strumnya dengan menggunakan lampu pijar 100watt, byaar.. lampu menyala sebentar kemudian mati, menandakan tegangan yang tersimpan telah habis.
     Pemeriksaanpun dilanjutkan, kecurigaan tertuju pada elco-elco di power supply mengingat TV bisa nyala normal pada awal dinyalakan. Ada 2 elco kecil di sini yang bernilai 1 mikro /50 v dan 10 mikro /50 volt. pemeriksaan pada elco 1/50 v kelihatan masih bagus, sedangkan pada elco 10/50 v (C842) kelihatan sudah kering.

mesin Panasonic tc-21gx50J 006 service




elco mesin Panasonic tc-21gx50J-1 006 service



elco mesin Panasonic tc-21gx50J 006 service


Selanjutnya dilakukan penggantian elco tersebut. Tak lupa solder ulang titik-titik yang rawan panas.
Selanjutnya dilakukan running test.

mesin Panasonic tc-21gx50J nyala 006 service

setelah dicoba beberapa lama hasilnya tv menyala dengan normal dan tidak mati lagi.
Selanjutnya pasang kembali tutup belakang dan baut-baut. dan terakhir tulis nota.

Sekian, mudah-mudahan bermanfaat.

Update :
Kemarin di coba sekitar 2 jam normal.
Si empunya minta untuk di coba lebih lama lagi karena menurut si empunya tv ini dah di bawa ke service centre dan di bilang juga normal.  Ok. running test pun dilakukan lebih lama lagi. dan.... wuih. setelah lebih 3 jam ternyata ni TV mati lagi.
     Bongkar lagi deh....kecurigaan langsung tertuju pada elco yang kemarin di duga masih bagus. Langsung vonis aja. ganti elco tersebut 1/50v.  Running test lagi posisi masih bongkaran. Uji coba dilakukan lebih dari 6 jam dan alhamdulillah tidak mati lagi. Insya Allah dah normal kali ini.
Ok. pasang kembali tutup belakang. dan tunggu si empunya membawa bayarannya.



30 comments:

  1. مشكور الف شكر على العمل الرائع

    ReplyDelete
  2. Itu elko bagian primer ato seconder mas?

    ReplyDelete
  3. Klo tidak salah ingat, elco bagian primer. Perlu du ingat juga gejala bisa sama, tapi penyebabnya bisa sama bisa juga berbeda. Trims atas kunjungannya.

    ReplyDelete
  4. saya lagi service tv yg sama mas, dgn gejala yg sama. tipenya tc 21fg25ju, tapi dr penjabaran mas komponen mesinnya sama. saya sudah mengganti strnya jg gak berhazil. elco yg 1u dan 10u dah sya gnti tpi ttp sama. kira2 bagian pa lg ya mas. oya pin proteknya dmn ya mas,mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  5. saya lagi service tv yg sama mas, dgn gejala yg sama. tipenya tc 21fg25ju, tapi dr penjabaran mas komponen mesinnya sama. saya sudah mengganti strnya jg gak berhazil. elco yg 1u dan 10u dah sya gnti tpi ttp sama. kira2 bagian pa lg ya mas. oya pin proteknya dmn ya mas,mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gejala bisa sama, penyebabnya bisa sama, bisa juga berbeda dan jauh berbeda. Maaf tidak dapat membantu lebih jauh.
      Trims atas kunjungannya.
      Sekali lagi maaf.

      Delete
  6. panasonic tc-21gx21j yoke putus bgian vrtical.stelah saya bngkar di sambung saya pasang lg.stelah on tv bisa nyala tp kok bagian bwh tdk ful atau kelebaran gmbar kiri kanan kurang pdhl bgian atas normal..tlng solusinya mas buat saya yg msh tahap belajar

    ReplyDelete
  7. oh ya mas,saya cb pake yoke cabutan bekas tv konka 21" gambar bisa normal tp selang beberapa detik lngsung mati/protek

    ReplyDelete
  8. Mohon info persamaan fbt tv diatas mas. Saya kesulitan mencari seri yg sama. Mohon infonya mas... Thanks. Kondisi tv tr horisontal jebol terus. Semua tegangan normal.. mohon bantuanya mas. Terima kasih

    ReplyDelete
  9. Mas saya punya servis an tv panasonic 29 in awal hidup normal dan lama kelamaan mati sendiri dan susah untuk dihidupkan mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di resolder ulang semua dulu, sambil di amati kalau ada kapasitor kering atau mengembung.

      Delete
  10. Klu jenis tv panasonic awalny hidup trus mati. Semua tegangan hilang tp klu di matikan trus di hidupkan hidup beberapa detik mati sama pada awal lagi.ganti aja STR nya. Selamat mencoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Str sudah ganti tp masih kaya gitu juga. Di nyalain ok selang beberapa menit mati tekan of dan on nyala lagi trs mati, begitu aterusnya kira kira apa lg nih yg perlu di ganti

      Delete
    2. perlu kesabaran, coba di telusuri elco-elco di bagian sekunder.

      Delete
  11. Mohon Infonya, jenis TV Panasonic TC-29FG20JD, kerusakan pertama sering mati lalu hidup, setelah on sekitar satu bulan, kerusakan bertambah yakni kalau volume dari 0 ke satu strip/garis suara dari kedua speaker sangat keras, sebelumnya tv kehilangan program tapi diprogram ulang bisa dan tersimpan, sekarang suara tetap suara sangat berisik walaupun hanya naik satu strip/garis(tidak pernah dicoba sampai 2 garis karena satu garis saja sudah sangat keras), sekarang saya program ulang, ada beberapa program siaran tidak tersimpan, TV sekarang kondisi mati agar kerusakan jangan merembet luas, mohon info apa yang rusak di tv saya, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk volume langsung keras dan program tidak nyimpen biasanya kerusakan dari eeprom/memori yang corrupt, bisa di flash ulang atau ganti ic memori

      Delete
  12. Dapat kasus yg sm tp aku coba tetap gagal seri TC 21RX50J

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasus bisa saja sama, tapi bisa jadi penyebabnya lain. bisa ditelusuri kembali penyebab lainnya.

      Delete
  13. Dengan unit model yang sama, ada siaran t. Mati bukan stby

    ReplyDelete
  14. Dengan unit model yang sama, ada siaran t. Mati bukan stby

    ReplyDelete
  15. Yg tau kode tr Q857 panasonic TC -21RX50J brapa ya? Soalnya kosong ada yg nyabut. Tolong dong

    ReplyDelete
  16. Izin bertanya nilai dioda (D835) pada code chasis TNP4G424... Panasonic mofel TC21RX21J

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh maaf ndak punya datasheetnya, di boardnya itu zener atau biasa ya. kalau bukan zener bisa di coba dengan dioda lain tidak harus sama persis menurutku.

      Delete