ads

Saturday, October 21, 2017

TV Sharp QVISION MATOT ( Mati Total )

Televisi sharp model lama Qvision dalam keadaan mati total, jika kinyalakan listrik turun (Konslet)

Sharp qvision matot 006 service

     Langkah pertama adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti obeng,solder,timah,sedotan timah,multi tester, dan lain-lain.
     Setelah peralatan dipersiapkan, pertama ambil obeng untuk membuka tutup belakang televisi dengan membuka beberapa baut pengikatnya, kemudian menarik tutup belakang tersebut.
dan ini adalah gambar televisi sharp qvision yang telah di buka tutup belakangnya.

Sharp qvision dibuka tutup belakang 006 service

     Berikutnya, cabut kabel-kabel yang terhubung ke mesin tv, untuk mengeluarkan mesin tv. tak lupa sebelumnya membuang sisa setrum yang kemungkinan masih tersisa, kemudian bersihkan mesin tv dari debu yang cukup tebal sembari melakukan pengamatan secara visual dari mesin tv tersebut.


tampak atas mesin Sharp qvision  006 service

tampak bawah mesin Sharp qvision  006 service

     Dari gejala awal, pengamatan visual lebih di fokuskan ke bagian power supply, yang kemungkinan besar bermasalah, Akhirnya mata tertuju pada IC power supply yang tampak sudah retak di bodynya.

power supply mesin Sharp qvision  006 service

     Berikutnya ambil obeng untuk membuka baut pengikat IC power supply, dilanjutkan sedotan timah dan solder untuk melepas IC yang kelihatan sudah retak tersebut.

STR G5653 Sharp qvision  006 service

     Tampak pada gambar diatas IC STR G5653 yang telah berhasil di lepas dari mesin tv tersebut, selanjutnya lakukan penggantian IC tersebut dengan yang baru, tak lupa lakukan solder ulang di beberapa titik yang rawan retak,
     Setelah STR terpasang dan di baut kembali, berikutnya pasang kembali mesin tv ke tabung untuk dilakukan uji coba. Alhamdulillah, televisi sharp qvision akhirnya keluar gambar.

Sharp qvision menyala normal 006 service

     Demikian langkah-langkah untuk mengatasi tv sharp qvision yang dalam kondisi mati total, semoga dapat bermanfaat. terima kasih.






No comments:

Post a Comment