ads

Monday, October 23, 2017

LED TOSHIBA, ada suara tidak ada gambar

     Televisi ini datang dengan kondisi tidak ada gambar, tapi suara terdengar normal, untuk memastikan kerusakannya saya ambil senter dan  sorotkan ke layar LED, nampak samar-samar gambar terlihat di layar lcd.  Dari hal tersebut dapat di simputlkan bahwa penyebab tidak ada gambar adalah matinya lampu backlight led tersebut,
     Langkah selanjutnya adalah membuka tutup belakang LED tersebut dengan membuka baut-baut yang ada menggunakan obeng.

LED Toshiba 19" 006 service

  Pengamatan langsung ditujukan ke bagian penguat lampu back light dan di dapati mosfet penguat lampu nampak gosong,

Penguat backlight LED Toshiba 19" 006 service


     Selanjutnya lepas mosfet menggunakan blower, karena mosfet berjenis smd yang sulit di lepas jika hanya menggunakan solder biasa. Kemudian di lakukan penggantian mosfet. Setelah penggantian mosfet, selanjutnya di lakukan uji coba.

LED Toshiba 006 service

     Setelah di coba ternyata berhasil, lampu backligh sudah menyala, tunggu beberapa menit, sudah tidak ada masahah. Selanjutnya pasang kembali tutup belakang, dan menghubungi customer untuk mengambil led tersebut.
     Namun ternyata masalah tidak berhenti di situ.  Masalah timbul kembali setelah led di ambil si empunya. Setelah di nyalakan di rumah lebih dari 2 jam tv led kembali hilang gambarnya. akhirnya televisi kembali kehadapan saya lagi,
     Buka kembali tutup belakang dan di lihat kembali penguat backligh sudah gosong lagi.

Penguat backlight led toshiba 006 service

 coba dilakukan penggantian mosfet lagi, namun kali ini lampu backligh tidak bisa menyala, tapi kalau di ukur dengan multitester, nampak ada tegangan keluar dari mosfet sekitar , berarti lampu backlight ada yang mati.  Perlu di ketahui lampu backligh led ini terdiri dari beberapa lampu led yang di susun secara seri, sehingga apabila ada yang mati 1 maka semua lampu led tidak akan menyala.

     Selanjutnya dengan hati-hati sekali saya bongkar lednya untuk mengambil lampu backlightnya, (tidak sempat terdokumentasikan gambarnya ).
Setelah berhasil dikeluarkan dan di cek ditemukan ada lampu led yang putus, Selanjutnya dilakukan penggantian lampu led. Lampu led pengganti di ambil dari lampu led yang dijual di pasaran.

lampu led pengganti led toshiba 006 service


     Untuk melepas lampu led di atas alat yang digunakan adalah pinset, dan solder uap (blower), caranya gunakan pinset untuk menjepit lampu led, sementara blower di arahkan dari sebalik lampu led untuk menghindari lampu led pecah terkena panas blower.

     Setelah penggantian berhasil dilakukan, saatnya dilakukan uji coba kembali.  Kali ini dicoba dalam waktu cukup lama, setelah cukup lama, ternyata memang suhu bodi mosfet sangat panas. ini menandakan masih ada yang tidak normal di rangkain, Kecurigaan tertuju pada IC driver di sebelah mosfet, namun setelah berkeliling di beberapa toko elektronik tidak ditemukan IC tersebut.
     Karena kesulitan mencari IC pengganti, saya coba mengubah rangkaian lampu led, menggunakan sumber tenaga normal yang ada yaitu tegangan 12v.  caranya adalah membuat rangkaian seri dan paralel lampu led. seri  sejumlah 5 led dan paralel tiap 5 led. setelah membuat rangkaian led tersebut akhirnya siap untuk dipasang kembali ke panel led.
     Dalam uji coba menggunakan rangkaian ini tv led dicoba sampai seharian dan tidak ada masalah. demikian cara memperbaiki tv led toshiba yang rusak tidak ada gambar dan suara normal. semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Toko service ya dmna pak..tv saya kaya gtu gak muncul gambar

    ReplyDelete