ads

Friday, October 20, 2017

Televisi Sharp Picolo matot ( Mati Total )

     Memperbaiki Televisi Sharp Picollo Mati Total

TV sharp picollo 006 service

     Televisi ini masih tergolong model baru, namun entah kenapa sudah mengalami masalah yaitu mati total. Tidak ada tanda hidup sama sekali, lampu led mati, di pencet power di remote maupun p+ di panel tidak ada reaksi sama sekali.
     Pertama-tama buka baut pengikat tutup belakang televisi menggunakan obeng, ada beberapa baut yang harus di buka, setelah semua terlepas tarik ke belakang tutup televisi.

TV sharp picollo dibuka tutup belakang 006 service

     Gambar di atas adalah penampakan dalam televisi sharp picollo yang telah di buka tutup belakangnya.  Selanjutnya buang sisa muatan listrik yang kemungkinan masih tersisa di tabung. caranya dengan menggunakan kabel probe multi tester. ujung probe yang besar di selipkan/dihubungkan ke ground dan ujung satunya di selipkan di karet tutup tudung anoda.
     Setelah yakin tidak ada lagi sisa muatan listrik, lepas kabel-kabel yang menempel di mesin tv dan selanjutnya tarik keluar mesin tv, untuk dilakukan pengecekan.


Tampak atas mesin TV sharp picollo 006 service

Tampak atas mesin tv sharp picollo


Tampak bawah mesin tv sharp picollo

IXC927WJZZQ Ic utama mesin TV sharp picollo 006 service


     Televisi ini menggunakan 1 ic utama IXC927WJZZQ yang sudah berjenis SMD ( Ic yang menempel pada body mesin),
     Berikutnya, lepas transistor horisontal untuk di lakukan pengecekan.setelah dilakukan pengecekan ternyata transistor horisontal masih dalam keadaan bagus. Langkah selanjutnya cek tegangan keluaran dari power supply tanpa menggunakan transistor horisontal. Hasil pengukuran tegangan di dapati tegangan keluaran sangat drop, jauh dari keadaan standby yang juga dibuat drop oleh sistem.  Kecurigaan langsung ditujukan pada Flyback transformer, mengingat beberapa kasus tv sharp mati total juga disebabkan jebolnya Flyback.
     Selanjutnya ambil penyedot timah untuk membuka flyback, untuk dilakukan pengecekan. dan inilah flyback seri JF0501-32601 yang telah di lepas dari mesin televisi.

JF0501-32601 flyback sharp picollo 006 service

     Setelah terlepas, lakukan pengecekan menggunakan avometer/multitester, didapati primer dan sekunder Flyback (FBT) short, ya....sesuai dengan praduga sebelumnya, penyebab matinya televisi sharp picollo ini adalah shortnya FBT. Langkha selanjutnya Tinggal melakukan penggantian FBT.
     Singkat kata, FBT pengganti telah didapat dan terpasang, namun sedikit menemui kendala saat akan melepas kabel fokus yang ada di board penguat warna.

soket tabung sharp picollo 006 service

     Nampak pada gambar diatas soket tabung tv sharp picollo tempat memasang kabel fokus, setelah dilihat-lihat tidak ditemukan pencetan untuk melepas kabel fokus seperti biasanya, coba ditarik langsung juga susah terlepas. Setelah diamat-amati  di temukan lubang kecil di dekat kabel fokus.
     Setelah berpikir sejenak untuk mencari cara melepas kabel fokus ini, akhirnya ditemukanlah cara melepas kabel fokus ini. Alat yang digunakan ternyata cukup sederhana, dan kabel fokuspun mudah di lepas. Alatnya adalah jarum. disini saya menggunakan bekas jarum suntik untuk melepaskan kabel fokus tersebut.


melepas kabel fokus dari soket tabung sharp picollo 006 service

     Setelah berhasil melepas kabel fokus dari soket tabung, dan menggantinya dengan yang baru, langkah selanjutnya adalah memasang kembali transistor horisontal, kabel-kabel dan memasang mesin televisi ke tabung untuk dilakukan uji coba.

sharp picollo menyala normal 006 service
     
     Dari hasil uji coba televisi sharp picollo yang mati total akhirnya dapat menyala dengan normal kembali.

Sekian, semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. Imponya sangat bermanfaat terimakasih.ada tv yang sama sudah diganti dengan FBT ygsama tv tetap tidak mau hidup, tolong penjelasannya master.

    ReplyDelete