ads

Monday, February 1, 2016

Tips Memilih Pompa Air yang Tepat

     Pompa air di saat sekarang ini merupakan peralatan rumah tangga yang sudah menjadi kebutuhan pokok. Hampir tiap rumah sekarang ini menggunakannya, dikarenakan kesibukan penghuni rumah dan kepraktisan alat ini, menjadikannya alat yang satu ini menjadi kebutuhan pokok..
     Ada banyak tipe pompa air yang beredar di pasaran saat ini, dari segi harga ada yang murah sampai yang sangat mahal harganya. Dari segi merk banyak sekali pabrikan yang mengeluarkan produk pompa air ini.  Dari jenisnya pabrikan juga mengeluarkan berbagai jenis pompa air, dari pompa air biasa, semi jetpump, jetpump, dan lain sebagainya.
     Dari banyak macam jenis,merk dan harga tersebut bisa jadi kita akan kebingungan memilih pompa air yang akan kita beli. untuk itulah disini akan disampaikan sedikit tips yang mungkin berguna dalam memilih pompa air yang tepat di rumah kita.

     Hal-hal yang perlu di pertimbangkan sebelum membeli pompa air :

  1. Kedalaman permukaan air sumur, ini merupakan faktor yang sangat penting ketika kita akan membeli pompa air, semakin dalam permukaan air dari permukaan tanah, maka kita butuh pompa air yang mempunyai daya hisap yang lebih kuat. Untuk kedalaman kurang dari 10 meter kita bisa menggunakan pompa air biasa, jika kedalaman permukaan air lebih dari 10 meter sampai 15 meter maka kita memerlukan pompa air jenis semi jet pump, lebih dari 15 meter kita perlu memasang yang jenis jetpump.
  2. Daya listrik rumah kita.  Setelah mengetahui kedalaman sumur, maka kita perlu mempertimbangkan daya listrik di rumah kita, jika ternyata kita perlu menggunakan jetpump, maka kita mungkin harus menambah daya listrik di rumah kita, karena semakin dalam permukaan air, maka semakin besar pula daya hisap pompa yang diperlukan, itu artinya semakin besar pula daya listrik yang di perlukan untuk menghidupkan pompa air tersebut.
  3. Bak Penampungan, ini juga merupakan hal yang perlu jadi pertimbangan kalau kita akan membeli pompa air. Jika kita belum mempunyai bak penampung air, maka kita perlu membeli pompa air yang ada otomatisnya, sehingga kita tidak perlu lagi cabut pasang steker atau memencet saklar. Dengan pompa air yang ada saklar otomatis, begitu kita buka kran maka otomatis pompa air menyala.Jika kita sudah mempunyai bak penampungan maka kita bisa membeli jenis pompa air biasa, namun perlu juga menambah alat radar di penampungan kita agar nanti pompa akan mengisi bak secara otomatis jika air dibak sudah hampir habis, dan berhenti secara otomatis jika bak sudah penuh.
  4. Merk pompa air. Untuk merk ini tidak akan kita rekomendasikan ke merk tertentu. Silahkan pilih sesuai selera, sebagai bahan pertimbangan merk-merk yang terkenal kemungkinan harga lebih mahal dibanding merk lain, karena mungkin ada tambahan biaya promosi dll.
Setelah kita menentukan jenis pompa air yang tepat berikut kita sampaikan beberapa tips agar pompa air yang kita beli lebih awet.
  1. Pasang pompa air di tempat yang kering/tidak lembab. udara yang lembab mebuat body pompa air mudah korosi atau karatan sehingga akan cepat rusak.
  2. Pompa air di beri penutup agar terhindar dari hujan dan sinar matahari. jika terkena hujan dan sinar matahari langsung juga akan mengakibatkan pompa cepat rusak.
  3. Gunakan seperlunya. selain menghemat pemakain daya listrik tentu juga akan menambah usia pompa air.
  4. Pastikan pipa-pipa tidak bocor, jika pipa bocor maka nantinya air cepat habis, sehingga yang seharusnya pompa belum bekerja, namun karena bocor pompa sudah bekerja kembali.
Demikian beberapa tips yang dapat kita sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang akan membeli dan memasang pompa air di rumah.

No comments:

Post a Comment