ads

Saturday, November 22, 2014

GANTI LAYAR SENTUH CROSS PD6 LAYAR JADI KACAU DAN SOLUSINYA

     Kali ini saya akan berbagi pengalaman dalam pengerjaan layar sentuh hp cross PD6 HP masuk dengan keluhan layar sentuh tidak bisa digunakan. setelah mendapatkan penjelasan dari user tentang keluhannya maka hp segera aku bongkar untuk cek kondisi layar sentuhnya.
     Langkah pertama membuka 4 buah baut yang ada di sudut hp, setelah 4 baut terlepas, langkah selanjutnya adalah membuka casing belakang hp, setelah casing belakang terbuka langkah selanjutnya adalah melepas casing depan.
     Setelah terbuka semua, pemeriksaan dilanjutkan dengan membuka lcd dan layar sentuhnya, ternyata kaca layar sentuhnya sudah tidak ada, tinggal plastik penutupnya saja. Pantes saja tidak respon sama sekali waktu layar di sentuh.
     Selanjutnya lakukan penggantian layar sentuh dengan layar sentuh universal yang ukurannya sama. kebetulan masih punya beberapa stok.  Penggantian selesai, tinggal melakukan running test. pasang baterei dan pencet tombol power. tunggu beberapa saat dan coba tekan layar sentuh sudah ada respon, tapi kok  jadi kacau, tidak sesuai dengan apa yang disentuh. Selanjutnya dengan tombol navigasi coba cari menu kalibarasi layar sentuh, Kalibrasi sukses di laksanakan, coba pencet menu di layar sentuh, menu dilayar muncul, pencet menu kembali layar pun kembali ke posisi sebelumnya,           Alhamdulillah sepertinya selesai pekerjaan, tapi tunggu dulu, sebelum casing di pasang, coba iseng pencet menu yang lain kok tidak sesuai dengan menu yang ada. ada apa ini ? coba lagi menu yang lain juga tidak sesuai, waduh...waduh... gimana ini? coba pencet menu kembali layar kembali ke menu sebelumnya. lho.... kok menu di sudut sesuai.
     Coba berpikir beberapa saat, untuk analisa apa penyebabnya. alhasil diketahui layar sentuh terbalik antara kanan kiri dan atas bawahnya. untuk meyakinkan saya coba geser layar ke kanan dan ke kiri untuk melihat menu halaman selanjutnya, ternyata tidak ada respon di layar, tapi ketika di geser naik turun layar berpindah ke halaman menu selanjutnya.
Waduh... tambah waktu nih untuk menyelesaikan pekerjaan ini.
     Santai sejenak sambil berpikir bagaimana menyelesaikan kasus ini, sambil berpikir ku amati kembali layar sentuh pengganti dengan plastik layar sentuh yang masih kelihatan bekas jalur-jalurnya, dan..... ternyata ada perbedaan jalur antara bekas layar sentuh bawaan dengan layar sentuh universal yang aku pasang. coba lihat stock layar sentuh yang lain jalurnya tidak ada sang sama dengan layar sentuh bawaannya. Dengan analisa yang ada aku simpulkan ini pasti bisa di atasi,                 Selanjutnya aku coba untuk memasang layar sentuk dengan posisi terbalik, kaki no 1 aku pasang ke kaki no 4, no 2 ke nomer 3, kaki nomer tiga ke nomor 2 dan kaki nomer 4 ke nomor satu. dan ternyata analisa dan kesimpulanku benar, dalam kondisi terbalik jalurnya layar sentuh bisa berfungsi seperti semula. Alhamdulillah ya Allah akhirnya sukses juga pekerjaan ini.
     Langkah selanjutnya tingal pasang kembali casing depan dan belakang serta bautnya. Selanjutnya tinggal tulis nota.
     Berikut gambar perbedaan layar sentuh bawaan dan layar sentuh universal.

gambar jalur layar sentuh bawaan :

layar sentuh cross pd6 006 service

gambar jalur layar sentuh universal :

layar sentuh universal 006 service

     Demikian pengalamanku dalam penggantian layar sentuh hp cross PD 6, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan yang megalami masalah yang sama.

No comments:

Post a Comment