ads

Sunday, April 21, 2013

TV SAMSUNG CS-14V2V ADA SUARA, ADA OSD TIDAK ADA GAMBAR


samsung cs-14v2v 006 service
     Setelah mendengar keluhan dari si empunya dan saya coba nyalakan tv, ternyata memang tv ini tidak ada gambar yang muncul dari layar, hanya kalau di pencet menu di tv maupun lewat remote control keluar juga menu-menu di tv dan juga terdengar suara yang normal dari speaker.
     Langkah pertama membuka tutup belakang tv dengan melepas beberapa baut yang ada.  Setelah terbuka terlihat mesin tv yang sudah penuh dengan debu yang cukup tebal.
     Selanjutnya membuang muatan yang masih tersisa di tabung dengan kabel avo dimana ujung satu di jepitkan di kabel ground tabung dan ujung satunya di selipkan di karet tudung anoda. Setelah yakin tidak ada setrum yang tersisa, langkah selanjutnya melepas semua kabel yang menempel di bodi mesin.
     Selanjutnya dilakukan pembersihan mesin dari debu yang menempel dengan kuas.  Setelah dirasa cukup bersih, pengamatan secara visual pun dilakukan untuk melihat apakan ada komponen yang mencurigakan / terbakar. hasilnya ternyata tidak ada komponen yang terbakar ataupun elco yang kering, namun terlihat beberapa titik solderan retak.
     Langkah selanjutnya dilakukan resoldering di beberapa titik yang terlihat retak terutama di area regulator, horisontal ( C5386 ), vertikal, ic crhoma ( tda 8842 ) dan di area ic program ( SZM-173EV). Selesai melakukan resoldering, langkah selanjutnya uji coba tv, ternyata hasilnya masih sama saja.
     Karena masih pemula dan baru pertama ketemu kasus seperti ini aku coba menghubungi om Eko yang ada di gbrelektronik.blogspot.com  Setelah menelusuri jalur ABL sesuai petunjuk om Eko ku temukan R420 di jalur ABL bernilai 120K dalam kondisi putus.



     Setelah dilakukan penggantian R420 tersebut selanjutnya dilakukan uji coba dan ternyata memang R420 tersebut lah penyebabnya karena sekarang gambar keluar dengan normal.


samsung cs-14v2v normal 006 service


     Setelah di coba beberapa lama dan dirasa cukup tidak ada keluhan lain maka kumatikan tv dan segera dipasang tutup belakang tv. selanjutnya tulis nota.

Sekian mudah-mudahan berguna bagi rekan-rekan semua.

No comments:

Post a Comment