ads

Friday, February 8, 2013

HP Cross CB90B Habis Berenang

     Masuk HP cross CB90b dalam kondisi matot ( mati total ). Menurut user HP nya masuk ke dalam air. Karena tidak bisa berenang, tuh hp jadi matot. baterei sedikit kembung. (banyak minum air kali.. he.he.he).
     Langkah pertama cek pake Avo,  ternyata tidak/belum short. mudah-2an bisa cepat kelar nih. Langkah selanjutnya membongkar casing hp. Setelah bugil tuh hp, dilakukan pengamatan secara visual ternyata sudah banyak korosi yang ada si beberapa tempat, termasuk bagian-bagian didalam kaleng yang sedikit terlihat dari lobangnya.
     Langkah selanjutnya adalah membongkar kaleng penutup part. langkah ini perlu kehati-hatian karena bisa merusak/memutus jalur bila kurang beruntung. Setelah kaleng terbuka terlihatlah memang banyak korosi akibat air yang masuk.
     Langkah selanjutnya adalah memandikan ulang dengan thinner, setelah dirasa cukup bersih, keringkan dengan blower.
     Selanjutnya adalah mencoba menyalakan hp dengan power supply. Sebelum menyambung ke hp pastikan tegangan power supply sesuai dengan kebutuhan untuk menyalakan hp sekitar 3.7v. Setelah yakin baru siap disambungkan ke hp untuk di uji coba.
     Sambil mengucap bismillah aku coba menekan tombol power di hp, dan jreng-jreng hp dapat menyala dengan normal. senangnya hati ini melihat ini, selanjutnya adalah mencoba running test hp, termasuk fungsi-2 dari tombol. Alhamdulillah semua tombol berfungsi dengan baik.
     Selanjutnya test sinyal dengan memasukkan simcard kedalam slot sim, dua-2 nya sinyal nongol dengan cukup baik.
     Langkah selanjutnya adalah mencoba melakukan panggilan. tut....tut....tut...terdengarlah nada panggilan dari hp ku yang satunya yang coba ku panggil. Hp kemudian kuangkat dan tekan tombol untuk menerima panggilan dan mengakifkan speaker phone. Hallo... tes.. tes.... hallo. ucapku dari hp yang ku service. Lha dalah koq tidak terdengar suara di hp satunya. Wah..wah wah, masih ada masalah nih hp. segera ku hentikan pangilan untuk ceking selanjutnya.
     Penggantian mic pun dilakukan, setelah dilakukan penggantian dan pengecekan akhirnya hp berfungsi dengan normal kembali.

     Sekian, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment