ads

Tuesday, February 19, 2013

TV Toshiba 29D3DXE mati standby

toshiba 29d3dxe 006 service
     Kali ini ada pasien tv toshiba 29" datang dengan kondisi mati standby.  Setelah membuka beberapa baut, tutup belakang tv aku tarik untuk melakukan pengecekan didalam mesin tv ini.
     Pertama setelah mesin terbuka, aku lakukan pembersihan mesin dari debu yang banyak menempel di mesin maupun bagian belakang tabung tv. Setelah dirasa cukup bersih, aku mengamati bagian-bagian yang perlu dicurigai menjadi penyebab matinya tv ini, namun tak tampak hal-hal yang mencurigakan.
     Segera aku lepas tr Horisontal D2553 dan dilakukan pengecekan. ternyata tr dalam kondisi short. Karena bagian lain kelihatan masih ok, maka kulakukan saja penggantian tr tersebut dengan D2253 ( stok tinggal itu ). Setelah selesai segera aku tancapkan colokan ke stopkontak untuk mencoba tv ini. Terdengar suara crek..tanda FBT tv ini bekerja (FBT menggunakan TFB4132ED). Disusul munculnya suara dan gambar dilayar tv.
     Selesai ?  Ternyata belum, setelah sekian lama dinyalakan ternyata TV stanby lagi, dan TR horisontal jebol lagi. mungkin karena amperenya yang tidak sesuai dengan aslinya. Karena stok habis, ya mau tidak mau harus beli TR yang baru.
     Setelah sekian lama berkeliling dan berputar-putar ternyata barang yang dicari tidak ada yang punya, semua toko elektronik di yogyasudah tidak ada yang punya stok. Karena sudah lelah mencari akhirnya aku carikan yang spesifikasinya mendekati dengan D2553,  oleh toko elektronik dikasih BU508.
     Singkat cerita TR sudah aku ganti dan siap dicoba lagi. O iya TR pengganti ini ada plat pendingin yang terbuka sehingga pemasangannya perlu menggunakan isolator untuk menghindari short. Setelah sekian lama dilakukan pengujian , ternyata tv ini mati standby lagi. Waduh... jangan-jangan jebol lagi tuh transistor.  Eh.. ternyata TR masih OK tidak short. Weleh-weleh apalagi nih menyebabnya.
     Segera aku lakukan pengukuran tegangan dibeberapa titik, semua normal kecuali dibagian basis TR Horisontal tegangan tidak ada, Segera aku lakukan penelusuran di jalur tersebut, akhirnya ditemukan Elco untuk driver senilai 1mikro/200 V yang dari visual atas nampak masih bagus ternyata dibagian bawahnya sudah hampir meletus. Setelah dilakukan penggantian tegangan pun keluar dengan normal. TR Horisontal pun aku pasang kembali dan kembali di coba.
     Setelah seharian dicoba, sudah tidak ada masalah lagi. tutup belakangpun aku pasang. Tinggal menunggu diambil yang empunya.
     Oya tv ini menggunakan vertikal TA 8437 K, regulator jenis STR, program & kroma ketiganya tertutup plat pendingin, jadi tidak tercatat.

     Semoga tulisan ini berguna bagi rekan-rekan semua.

11 comments:

  1. mkasihh infonya siap di coba besok nih ada pelanggan tv toshiba bomba 29" penyakit sama ..mudah2an sukses

    ReplyDelete
  2. Aku punya Toshiba juga hidup sebentar terus mati

    ReplyDelete
  3. Boss.. Saya punya tv toshiba bomba 21inc yg Udah layar datar... Klo boleh tau berapa ukuran R430 sama R227 posisinya dekat fbt..soalx kedua resistor itu udh gosong...

    ReplyDelete
  4. Bisa dibntu bos tv toshiba bomba jadul 29in tegangan b+ hanya 78v penyebabnya apa ya saya coba ganyi elco 330mf 160v tetap gak ada perubahan. Kondisi tv matisandby

    ReplyDelete
  5. Oh iya tv model toshiba bomba 29A3E

    ReplyDelete
  6. dicek juga tr horisontal, fbt dan tegangan elko2 yang lain yang terhubung ke B+

    ReplyDelete