ads

Thursday, October 8, 2015

POMPA AIR BERPUTAR TAPI TIDAK KELUAR AIR

     Di musim kemarau seperti ini, biasanya pompa air banyak mengalami masalah, ini di karenakan pada musim kemarau air di dalam sumur semakin dalam, sedangkan penggunaan air malah semakin banyak, seperti menyiram halaman agar debu tidak beterbangan, menyiram tanaman agar tidak layu, dan masih banyak lagi, sehingga kerja pompa air semakin berat.
     Kali ini akan kita bahas tentang pompa air yang masih tetap berputar dengan normal, tetapi air tidak keluar sama sekali. berikut langkah-langkah perbaikannya :
     Langkah pertama : di musim kemarau biasanya permukaan air sumur akan turun banyak, pastikan pipa pralon sampai ke bawah permukaan air, jika ternyata pipa pralon tidak sampai ke permukaan air sambung pipa pralon. Perlu di ingat sambungan pipa harus benar-benar rapat, gunakan lem pralon yang bagus.

     Jika pipa pralon masih sampai di bawah permukaan air, namun air tetap tidak keluar maka pengecekan dilanjutkan pada pipa pralon dan foot klep pompa dari kebocoran, karena sekecil apapun kebocoran pipa bisa menyebabkan air tidak tersedot pompa. Lepas pipa pralon dari pompa dan lihat apakah masih ada air di dalam pipa tersebut. Naik turunkan pipa dalam air seperti memompa, ini bertujuan untuk mengecek kinerja footklep. Jika foot klep bekerja normal maka air akan naik melalui pipa dan muncrat keluar, sebaliknya bila pipa tidak mau terisi air kemungkinan footklep tidak bekerja, naikkan pipa dan cek kinerja footklep, kalau perlu silahkan ganti dengan yang baru.
    Apabila air  dalam pipa sudah naik dan penuh, maka perhatikan dan lihat beberapa saat, apakah airnya berkurang, jika air kelihatan mulai berkurang meskipun sedikit, bisa dipastikan ada kebocoran di pipa ataupun foot klep. silahkan cek sambungan-sambungan pralon dan foot klep.
     Kerusakan yang sering terjadi pada foot klep adalah per sudah mulai lemah sehingga menyebabkan air bocor, atau per terhalang pasir atau sampah sehingga tidak bisa menutup rapat atau bahkan tidak bisa bergerak sehingga air tidak bisa lewat.
     Jika sudah di pastikan tidak ada kebocoran pada pipa dan foot klep tapi air tetap tidak mau keluar maka langkah selanjutnya adalah pengecekan pada pompa air.  Pasang kembali pipa hisap yang tadi di bongkar untuk pengecekan, hati-hati dalam pemasangan, jangan sampai terjadi kebocoran pada sambungan pipa dan pompa air.
     Setelah pipa hisap terpasang, sekarang lepas pipa buang pompa. isi pompa air dengan air sampai penuh dan nyalakan pompa air. amati air pada lubang pipa buang pompa air. Jika air tidak terpompa keluar dan hanya ada gelembung-gelembung air, maka kemungkinan kerusakan adalah pada seal pompa air tersebut. Silahkan ganti seal pompa tersebut sesuai dengan bentuk dan ukuran serta merknya.
seal pompa air merk shimizu 006 service
ini adalah contoh seal pompa ar merk shimizu

Seal ini berada dalam pompa air, cara melepasnya dengan membuka tutup depan pompa air, dan kipas hisap pompa air.
     Setelah dilakaukan penggantian seal pompa, pasang kembali kipas hisap dan tutup depan pompa, sekali lagi perlu hati-hati dan pastikan benar-benar rapat dan tidak ada  kebocoran. setelah siap lakukan uji coba, Insya Allah air akan keluar dengan normal.
     Demikian sedikit penjelasan mengenai pompa air yang berputar tetapi air tidak mau keluar, kesimpulannya jika sebelumnya air lancar, dan tidak melakukan apa-apa pada pipa pralon dan foot klep, maka penyebab paling sering adalah seal pompa air yang rusak, entah pecah keramiknya atau per yang sudah mulai lemah, sehingga tidak bisa bekerja dengan maksimal. 
     semoga bermanfaat.
     

NB : perlu diperhatikan juga spesifikasi dari pompa, baca panjang daya hisap pompa. dan apakah masih dalam toleransi dari kemampuan pompa.


43 comments:

  1. Tulisan yang bagus dan sangat membantu, Terimakasih

    ReplyDelete
  2. pompa saya airnya keluar, tapi yg keluar berupa gelembung2 air, sehingga air tidak bisa mengisi tong air. mhon berkenan solusinya, trimka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkañ dicoba seperti uraian diatas. Mudah-mudahan bisa normal kembali.

      Trims atas kunjungannya.

      Delete
  3. Pompa air DAB sy gk keluar air.Tadinya dipancing 2 ember lsg penuh dan keluar air....tp skrg dipancing air brp.pun gk penuh2...tlg solusinya.Tks

    ReplyDelete
  4. Pompa air DAB sy gk keluar air.Tadinya dipancing 2 ember lsg penuh dan keluar air....tp skrg dipancing air brp.pun gk penuh2...tlg solusinya.Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artinya ada kebocoran. Biasanya di footklepnya (klep di ujung bawah pipa). Karena per sudah lemah atau ada kotoran yang menghambat keja klep. Silahkan cek atau kalau perlu diganti.
      Semoga membantu.
      Trims atas kunjungannya.

      Delete
  5. Pak. Pompa air saya jenis Shimizu jet pump tidak bisa naik airnya. Kemarin dibenahin tetangga cuma di lem bagian pipa airnya. Apa saya harus mengelem kembali seperti yang dilakukan tetangga apa bagaimana? Mohon jwabannya

    ReplyDelete
  6. Waktu dibenerin sudah bisa naikkah airnya? Kalau iya mungkin terjadi kebocoran. Bisa di sambungan pipa, bisa juga di footklepnya. Bagian paling ujung bawah.
    Untuk pengecekan kebocoran, silahkan buka baut untuk untuk mengisi air pancingan. Untuk jetpump ada dibagian atas pompa yang seperti moncong babi. Dicek airnya penuh tidak, kalau berkurang/kosobg berarti memang ada kebocoran. Silahkan dicari Kebocoran nya. paling srring di klep bawah.
    Bisa diketahui dengan mengangkat pipa keluar dari air. Perhatikan apa ada tetesan air. Kalau air menetes silahkan dibuka klepnya dan bersihkan, biasanya terhalang pasir atau per sudah kendor, dicoba di kadih air. Kalau tidak netes berarti sudah bisa. Kalau tetap bocor ya harus diganti.

    Kalau air dipancinfan masih penuh kemungkinan seperti tulisan saya diatad, sealnya dah soak.

    Mudah mudahan membantu.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Selamat siang...
    Saya pakai pompa air shimizu, dua minggu kami tinggal mudik. ketika pompa air dinyalakan, mesin berbunyi, tetapi tidak keluar air.kami buka tutup pancingan air dan kami pancing hasiknya air keluar banyak.
    Tetapi waktu tutup pancingan air ditutup, air tidak keluar meskipun musin nyala.
    Mesin dimatikan, dan tuang air lewat lubang pancingan, hasilnya air penuh.
    Mohon pencerahannya...
    Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin daya dorong pompa sudah mulai melemah. Karena pipa dari pompa ke bak air tinggi. bisa dicoba dengan pipa pendek mau keluar air atau tidak. solusi bisa ganti seal seperti di artikel ini.

      Delete
  9. Terimakasih. . .
    sangat membantu buat kami yg awam akan mesin air. .

    ReplyDelete
  10. Pak, saya baru ganti pompa semi jet pump, pipa hisap dan klep tidak ada masalah, air di pipa hisap penuh, tapi air tidak naik saat pompa saya nyalakan, sudah di pancing tapi air hanya menggelembung tidak ada dorongan.. Gimana solusinya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ganti baru maksudnya ? Kalau baru mending di klaim garansi saja ke toko. Biasanya ada garansi toko. Kalau tidak mau klaim garansi dan mau dicoba sendiri, bisa praktekkan sesuai uraian di atas,
      semoga membantu.

      Delete
  11. Mesin saya semalam keluar air gede tiba2 pagi sya nyalain air gk mau naik.

    ReplyDelete
  12. Mesin saya san ei..tarikan 40 meter.menarik air kedalaman 25 meter.debit air bagus.mesin bagus.klep bagus.tapi tetap tidak keluar air..ada kebocoran strum di bodi Te (atas mesin) dan di penutup kipas belakang..mohon solusinya pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 40 meter itu biasanya total atas dan bawah (hisap + dorong.
      bisa dicoba dulu dengan menurunkan mesin, dan tanpa pipa dorong dulu.
      kebocoran setrum bisa di hilangkan dengan menambah grounding atau steker dibalik.

      Delete
  13. Assalam.... Pompa saya semi yg daya hisap nya max 11 m... Tapi saya pasang tusen klep nya pake yg tengah... Saya pingin mengetahui.. Jarak tusen klep tengah itu berapa meter dari pompa.. Mohon solusi nya....

    ReplyDelete
  14. Assalam.... Pompa saya semi yg daya hisap nya max 11 m... Tapi saya pasang tusen klep nya pake yg tengah... Saya pingin mengetahui.. Jarak tusen klep tengah itu berapa meter dari pompa.. Mohon solusi nya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengah bisa di pasang pas sambungan pipa saja, dari pada potong2 pipa.

      Delete
  15. Suara mesin kadang garing kadang2 juga berat..mau di pancing air masih penuh pas di coba air tidak keluar..di musim kemarau ini apakah pralon menggantung dan untuk menyambung nya kira2 berapa meter lagi dan cara penyambungan pralon nya di bagian atas nya kah???mohon untuk suhu solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sambung pralon dicari yang paling mudah saja, bisa diatas. penambahan pipa disesuaikan dengan kemampuan mesin. jika panjang pipa sudah maksimal bisa dengan memindah/menurunkan mesin di saat musim kemarau.

      Delete
  16. Di daerah saya tidak ada air PDAM jadi menggunakan sumur bor, Mesin air saya Merk New Shimizu.
    Kipas berputar, air naik keatas (kedengaran air turun kembali saat mesin air dimatikan), tetapi air tidak keluar dari kran.
    Mohon pencerahannya, apakah yang menjadi penyebab nya?

    ReplyDelete
  17. Mesin saya merek simizu,nyala tapi air gak mau naik,padahal debit air masih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada kebocoran atau seperti kasus di atas, bisa dicoba.

      Delete
  18. Efek jika salah pasang seal klep atau seal klepnya lebih besar sedikit dr aslinya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih bisa masuk dan tidak bocor mungkin tidak masalah.

      Delete
  19. Saya baru ganti mesin sini hujan setelah sy pasang air tidak bisa naik,sy cek pipa hisap tdk ada yg bocor dan sy buka tutup lubang pancingan hanya ada dorongan air sebentar selebihnya gelembung/bisa air? Mohon untuk solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mesin baru kemungkinan air terlalu dalam, kalau tidak ya bisa jadi seperti kasus diatas, seal bermasalah bisa di cek dulu atau minta ganti sealnya.

      Delete
  20. Mesin simizhu, setelah sy cek mesin ya di atas bak air,airnya keluar apa ada malah pada mesin nya?

    ReplyDelete
  21. Kendala yg sy hadapi, ketika kran di buka penuh air nya mati2 hidup. Jika kran di buka 1/2 jalan ny normal tidak mati2. Mohon petunjuk ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. kran langsung dari pompa kah? mungkin debit air sumur kecil tidak sesuai dengan daya hisap, sehingga kalau dibuka maksimal mati/kehabisan air.

      Delete
  22. Jetpump saya waktu pertama dinyalain keluar air lama2 gak keluar air padahal pipa air penuh? Tolong dong solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin pipanya sudah menggantung ( debit air kecil, tidak sebanding dengan daya hisap pompa)

      Delete
  23. Mohon maaf semuanya, lama gak buka blog ternyata banyak pertanyaan,
    mau di jawab kok kayanya sudah terlambat. jadi yang berikutnya saja yang di jawab. Insya Alloh akan cek blog secara berkala.
    Sekali lagi maaf dan terima kasih telah berkunjung.

    ReplyDelete
  24. Kenapa pompa air baru keluar air kalau baut untuk memancing air dikendorkan sedikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. selalu seperti itu atau setelah dikendorkan sekali selanjutnya lancar? Kemungkinan masuk angin, penyebabnya ada sedikit kebocoran di pipa.

      Delete
  25. Kenapa kalau di kendor kan tutup pancing baru air naik.kalau di tutup rapat air malah gak naik

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan masuk angin, ada sedikit kebocoran di pipa atau seal minta ganti.
      maaf agak lambat balas.

      Delete