ads

Monday, June 15, 2015

POMPA AIR SHIMIZU TIDAK BERPUTAR ADA SUARA BERDENGUNG

Dapat panggilan untuk menservice pompa air dengan keluhan air tidak naik dan terdengar bunyi dengung dari pompa air.
Langsung meluncur menuju TKP takutnya nanti kalau dibiarkan terus menerus dalam kondisi berdengung akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah.
Singkat cerita sudah tiba lokasi, dan langsung saya tanyakan apakah pompa dibiarkan dalam posisi berdengung, dan bersyukur ternyata listrik menuju pompa langsung dicabut begitu tau pompa air bermasalah. Langsung masuk untuk melihat kondisi pompa, dan duh...duh...duh... ternyata pompa di taruh dalam lubang sumur, "kalau tidak di masukkan ke sumur pompa tidak kuat angkat air" kata tuan rumah.

Demgan bantuan tuan rumah saya turunkan tangga bambu milik tetangga, setelah kira-kira sampai ke tempat menaruh pompa, tangga saya tahan dengan balok kayu diantara anak tangga.
Diawali doa kuturuni anak tangga satu persatu, sampai tiba dekat dengan pompa air. setelah itu ku bongkar kawat pengikat pompa dengan dudukan, dan beruntung pipa yang dari pompa menuju bak tidak di lem. selesai bongkar kawat pengikat dan melepas pipa pralon, pompa kubawa ke atas agar lebih mudah dalam pengecekan.
Tiba di atas dilakukan pengujian untuk memastikan kerusakan pada bagian apa.
pertama cek putaran pompa dengan bantuan obeng, ternyata dapat diputar dengan ringan, berarti kerusakan bukan karena pompa terhambat putarannya. penghambat putaran pompa ada beberapa misalnya:
 1. pompa menghisap pasir/tanah dlm waktu lama akan menumpuk dan menghambat putaran pompa
2. kerak yang timbul dari dalam kandungan air.
3. bearing/laker yang macet dll
setelah dipastikan motor dapat diputar dengan ringan, say coba colokkan jek ke listrik dan begitu terdengar dengung dan motor tidak berputar aku coba pancing putaran dengan bantuan obeng, dan hasilnya pompa dapat berputar tapi pelan sekali. dari hasil ini aku simpulkan penyebab dari kerusakan pompa ini adalah matinya kapasitor.
Selanjutnya bongkar penutup kapasitor, terlihat kapasitor berukuran 8 mikro 400v AC. selanjtnya lepas kapasitor dan lihat dalam bawaan ternyata cuma ada kapasitor berukuran 7 mikro 400v AC, dari pada harus pergi cari yang berukuran sama aku ganti saja dengan kapasitor tersebut, aku pikir masih dalam toleransi.
Selesai pasang kapasitor, kucoba kembali pompa air dan hasilnya pompa langsung berputar dengan putaran yang normal.
Alhamdulillah ya Alloh atas karuniamu.
selanjutnya masuk lagi ke lubang sumur untuk memasang pompa lagi, dan setelah dicoba air mengalir dengan lancar.

Demikian sobat, pengalaman saya, mudah-mudahan bermanfaat untuk rekan semua.

114 comments:

  1. pompa air saya sanyo PH100, dulu kapasitornya gosong. abis itu kapasitor diganti yang 10uF yang bentuk tabung. Tapi belum ada 3 bulan kok sekarang bunyinya mendengung ya? apa mungkin kapasitornya perlu diganti lagi? atau emang mampet sama kerak?
    kalo dinyalain suaranya mendengung, setelah beberapa jam dibiarin, pas konek listrik bisa muter lagi tapi kadang kadang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi kapasitor mati lagi, bisa dicoba dengan bantuan obeng untuk memancing putaran. Colokan listrik, gunakan obeng untuk memancing putaran searah putaran pompa. Jika pompa mau berputar meski tidak secepat waktu normal. Bisa dipastikan kapasitor perlu diganti.
      Tapi kalau posisi dengung tanpa putaran dibiarkan berjam-jam ada kemungkinan kerusakan merembet ke kumparan. Karena kalau tidak terjadi putaran maka akan berubah menjadi panas. Panas berlebih bisa menyebabkan kumparan short sedikit demi sedikit. Lama2 bisa benar2 short.
      Mudah2 an membantu.

      Delete
  2. Saya punya pompa sanyo yang 125 watt, instalasi keluaran dari tandon air trus masuk ke pompa air, keluaran pompa hanya untuk shower. Pertama coba normal, hanya jika kran shower ditutup trus dibuka lagi pompa tidak muter, bunyi mendengung. Catu dimatikan trus dihidupkan lagi baru pompa bisa berputar lagi. Setelah beberapa jam Pompa sudah tidak mau hidup lagi dan pada bodi pompa panas sekali. Akhirnya saya ganti pompa baru dengan model yang sama, kejadian sama juga. Pompa mendengung tetapi motor tidak berputar, dan bodi cepat panas. Kira kira kenapa ya, tolong masukannya, Thq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dimaksudkan agar semprotan showernya kuat ya?. Pompa berdengung karena jalan keluaran di tutup, sedangkan listrik terus ada. sehingga motor akhirnya berhenti.
      Walau kran di buka lagi, tentu tidak mau berputar lagi sebelum listrik dimatikan. Kalau kondisi ini terus-terusan, maka kumparan dalam pompa akan panas, dan mungkin juga bisa terbakar.
      Untuk menambah kuat semprotan sebenarnya bisa dengan meninggikan tampungan air. Namun jika dirasakan masih kurang kuat dan memang butuh menggunakan pompa, saya sarankan dipasang tabung otomatis, sehingga begitu kran ditutup otomatis listrik terputus. dengan cara inipun sebenarnya masih mengganggu kinerja pompa, sebab keluaran pompa jika hanya ke shower saja tekananya terlalu tinggi tidak sebanding dengan keluaran pompa, sehingga pompa masih akan panas jika digunakan terlalu lama. ada baiknya ditambah keluaran lain ke kran sehingga kinerja pompa tidak terganggu.
      mudah-mudahan membantu.

      Delete
  3. Halo..
    Mau bertanya, kalau pompa tidak nyala dan berdengung, ada kemungkinan ga penyebabnya instalasi listrik yang kurang baik, misalnya pada kabel yang mungkin tidak tersambung dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya..
      Kalau pompa sudah berdengung, itu pertanda aliran listrik sudah ada, jadi kecil kemungkinan kalau instalasi listrik yang bermasalah.
      Kemungkinan sama dengan kasus di atas. Kalau posisi mudah dijangkau coba saja dipancing putarannya, atau bisa langsung diganti kapasitornya.

      Delete
  4. Pompa air saya shimizu gan, kasusnya sama mutarnya harus pake obeng, tapi mesin kok panas, itu kenapa gan? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau setelah di putar pake obeng bisa muter, kemungkinan besar sama dengan kasus diatas, silahkan ganti kapasitornya. Panas bisa disebabkan kelamaan tidak berputar atau kumparan agak short. dicoba ganti kapasitornya dulu, kalau normal ya itu penyebabnya. Kalau setelah ganti kapasitor bisa berputar, tapi panasnya masih over, kemungkinan besar kumparan/spulnya sudah short sebagian.
      mudah-mudahan membantu, dan terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  5. Iya betul, ana pu pompa berdengung, dan sy cek ternyata kipasnya tdk berputar, trus sy bantu putar tapi pake tangan ternyata bisa....alhamdulillh....
    Terima kasih ya atas triknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, senang bisa membantu,dan trimakasih atas kunjungannya

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  6. Permisi pak.aku sudah gulung pompa air dari bahan aluminium dan aku ubah bahan tembaga dan ikut lilitan bahan aluminium.aku sudah gulung dan aku lihat putaran lambat dan aku putar dengan tangan putaran tetap lambat padahal kawat masih baru meskipun uf tetap.apa yang menyebabkan ini pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam menggulung ulang lilitan yang perlu diperhatikan adalah diameter kawat, jumlah gulungan dalam tiap lilitan, dan juga arah putaran lilitan. Coba di perhatikan dan diteliti ulang, barangkali ada yang salah arah, sehingga menghambat putaran, smoga membantu.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  7. Pak dalam gulungan tidak ada salah diameter,julah lilitan dan arah putaran.tidak mau berputar bahkan dalam cololkkan listrik pakai putarpun tidak mau?apa ada masalah rotor pak?apa ciri2 rotor yang rusak atau dinamo dari bahan aluminium bermasalah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah yakin tidak ada yang salah dalam arah lilitan, mestinya sudah berputar. untuk rotor kalau punya yang lain bisa di coba. terus terang baru sekali menjumpai masalah pada rotor, dan langsung ganti dengan rotor lain.

      Delete
  8. Gan punya ane pompa merk zimzu, awal mula kerendam aer, abis itu ane cek, pompa hanya berdengung, stlh itu saya bantu pake obeng bisa jalan, terus ane putusin beli kapasitor yg baru, trnyta masih sama harus di pancing pake obeng dulu, sudah saya cek spul juga gak ada yg kebakar,diputar jg enteng, apanya yg rusak ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicek kumparannya dengan avometer,barangkali ada yang putus. Ketiga kabel harusnya saling berhubungan dengan resistansi yang berbeda.
      Moga membantu.

      Delete
  9. Posis dmn gan?? Kklo ke rumh sy bisa tdk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @farah, diatas sudah komplit alamat dan kontak.
      Thank kunjungannya

      Delete
  10. Posis dmn gan?? Kklo ke rumh sy bisa tdk?

    ReplyDelete
  11. Bos mau nanya nih. Kalo kipas pompa air diputar nyala sebentar, itu pun muternya di bantu pake obeng. Itu kira kira apanya yah bos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih kunjungannya.

      Waktu diputar pakai obeng sebelum dicolok listrik terasa berat atau ringan. kalau berat kemungkinan ada yang menghambat putarannya ( bearing macet, atau ada pasir yang masuk dalam pompa). Kalau ringan coba setelah berputar sebentar diraba bodynya. Kalau panasnya over, kemungkinan kumparan ada yang short. Kalau tidak panas bisa dicoba ganti kapasitornya.
      semoga membantu.

      Delete
  12. Mohon pencerahan nya gan saya ada masalah di pompa sanyo gan pas dia dingin hidup nya normal gan pas udah panas dia macet dan dengung aja tunggu dlu dingin baru dia normal lgi gan kira2 masalah nya di mana gan. Terima ksih seblum nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena kumparan/spul short sebagian. Sehingga menimbulkan panas berlebih. Karena pompa dilengkapi thernal protektor maka pada suhu tertentu akan mati, begitu suhu dingin, pompa kembali nyala. Solusi ya ganti kumparan/spul ulang.

      Delete
  13. mantap sekali mas, kebetulan punya saya baru beli merk shimizu PS - 230 BIT. ada otomatisnya, namun kenapa ya kipasnya tidak mau berputar diawal start kalau ada kulkas dihidupkan. listrik rumah saya mempunyai daya 900 watt apa masih kurang ya? padahal saya lihat watt dari pompa tersebut hanya 220 wat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin jalur kabel2 atau sambungan ada yang kendor. Yang menyebabkan tegangan berkurang. Perlu dicek dan ditelusuri. Kalau daya tidak mampu biasanya mcb jeglek.
      Moga membantu, & trims atas kunjungannya.

      Delete
  14. Gan misi maunanya mesin air ane simizu mesin nyala tpi sy pancing penuh tpi tidak maunyembur hanya gelembung2saja mohon tips nya gan..

    ReplyDelete
  15. Gan misi maunanya mesin air ane simizu mesin nyala tpi sy pancing penuh tpi tidak maunyembur hanya gelembung2saja mohon tips nya gan..

    ReplyDelete
  16. Gan misi maunanya mesin air ane simizu mesin nyala tpi sy pancing penuh tpi tidak maunyembur hanya gelembung2saja mohon tips nya gan..

    ReplyDelete
  17. Gan misi maunanya mesin air ane simizu mesin nyala tpi sy pancing penuh tpi tidak maunyembur hanya gelembung2saja mohon tips nya gan..

    ReplyDelete
  18. Gan misi maunanya mesin air ane simizu mesin nyala tpi sy pancing penuh tpi tidak maunyembur hanya gelembung2saja mohon tips nya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan pertama ada kebocoran di pipa hisap. Pengecekan dengan isi penuh pipa kemudian tunggu dan amati apakah air berkurang. Kalau berkurang berarti ada kebocoran pipa, bisa di sambungan atau footklep.
      Jika dipastikan tidak ada kebocoran di pipa hisap, kemungkinan kedua adalah seal pompa air yang sudah lemah/kendor. Solusinya ya ganti sealnya.

      Delete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  20. Selamat pagi pak..saya mau nanya..air pompa saya,kenapa y..jika kita nyalakan pompa,MCB Rumah langsng turun..memang semalam itu hujan besar sekali..pdhl stop kontak tidak masalah..suara kipas pelan,dan tidak lama kemudian MCB langsng turun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barangkali pompa terendam air, akibatnya kumparan/spul short.

      Delete
  21. Gan pompa simitzu saya hanya dengung dan setelah saya dekati seperti bau terbakar,kira2 kenapa ya??terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kasusnya seperri uraian saya diatas. Tapi karena terlalu lama dalam kondisi tidak berputar/berdengung. Akibatnya kumparan/spul terbakar.
      Perbaikannya ya harus bongkar pompa dan ganti kumparan/spul.
      Semoga membantu

      Delete
  22. Mesin air saya shimizu kemarin sore mati stelah diperiksa katanya harus ganti alat kecilnya yg seperti tabunh itu yg ada tulisan motor running capacitor...tp hari ini tiba" mati lagi padhl kmrin sudah diganti...kira" apa yg rusak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kapasitor mati lagi, bisa juga kumparan/spul short. Coba dinyalakan sebentar terus diraba bodi. Kalau panas dan ada bau terbakar ya bisa dipastikan kumparannya.

      Delete
  23. Gmana cara cek ketiga kabel motornya.
    Apa posisi mati ato menyala.

    ReplyDelete
  24. Gmana cara cek ketiga kabel motornya.
    Apa posisi mati ato menyala.

    ReplyDelete
  25. Cek posisi mati, dibuka dan diamati, kalau kelihatan kebakar/gosong ya harus ganti. Kalau kelihatan masih bagus cek dengan avometer kondisi putus / short (mentok jarum avo) / normal (tidak mentok).

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Mas Tri, mau tanya dan mohon solusinya.
    Sekitar 7 bulan yag lalu pompa air di rumah bermasalah dengan kapasitornya, udah diganti dan normal.
    Sekarang kondisinya ketika pompa dihidupkan, hanya bunyi dengung, sesekali saya cabut dan pasang lagi kadang bisa berputar dinamonya dan lancar, tetapi kadang berdengung lagi. Terus sedikit agak panas di bodi pompa, apakah efek dr terlalu lama mendengung dan harus segera ganti kapasitor atau ada masalah lain ya? kemungkinan masalahnya apa dn solusinya bagaimana?
    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa penyebab dengung, kapasitor soak, bearing agak macet, kumparan/spul shor, bisa juga kerak/pasir menghambat putaran.
      Paling mudah dulu saja diganti kapasitor dulu.
      Panas kalo tidak berlebihan/hangat mungkin karena putaran tidak normal. Bisa juga karena kumparan yang mulai short. Ini akibat terlalu lama dibiarkan berdengung. Bisa juga karena lembab terkena air, pernah juga akibat kemasukan semut.
      Silahkan dicoba dari yang paling mudah dulu.
      Semoga membantu.

      Delete
  28. pengalaman saya.. Pompa dengung tdk berputar atau putaran nya lambat blm tentu kapasitor rusak dan blm tentu dinamo rusak. Bisa jadi sambungan kabel yg kurang kencang shg tegangan listrik ke pompa kurang maksimal.

    ReplyDelete
  29. Punya sya dinamo komresor ga jalan cuman dengung aja apa yg rusak kapsitor jdi anget..

    ReplyDelete
  30. Yups, rata-rata penyebab nya adalah kapasitor, tapi kalau terlalu lama dibiarkan berdengung, bisa merembet ke kumparan/spul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enter your reply... Pompa kerabat saya dengung. Stlh ganti kapasitor ternyata tetap dengung. Ternyata impeller nya karatan dan kotor.

      Delete
  31. Terima kasih telah berbagi pengalaman, memang pompa berdengung tidak hanya disebabkan kapasitor yang mati. Diantara beberapa yang paling sering dan paling mudah untuk dilakukan adalah kapasitor.
    Sekali lagi terima kasih.

    ReplyDelete
  32. Assalamualikum
    Bang aku tadi lagi cek pompa air merek simizu yang dengung gak bisa berputar,
    Trus saya pancing pake obeng juga gak bisa berputar ,
    Itu solusinya gimana ya bang,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu pakai obeng berat/ringan putarannya. Kalau berat kemungkinan ada yang menghambat. (Bearing, rotor).
      Muter pakai obengnya posisi dengung.
      Bisa juga kumparan/spul sudah short. Ditandai bodi pompa cepat panas.
      Moga membantu.

      Delete
  33. alkhamdulillah, sangat membantu artikelnya. terima kasih. semoga Alloh memberi pahala. amiin

    ReplyDelete
  34. pompa saya berdengung tapi msh berputar ga lama lalu mati..bdynya panas.setelah 5menit dinyalain muter lagi tapi tetep sama 1 menit langsung mati lagi, airnya jg ga keluar..coba ganti kapasitor tetep sama.mksh sblumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kumparan /spul short. Mati setelah panas karwna didalamnya ada thermal protektornya. Apabila suhu mencapai ambang batas otomatis listrik putus, dan nyambung lagi setelah suhu turun/dingib. Silahkan dicek.

      Delete
  35. Kalo body panas trus kipas ga bisa di putar(berat) itu kenapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Body panas kemungkinan kumparan short. Kalau diputar berat mungkin bearing/lakernya.

      moga membantu

      Delete
  36. Mau tanya gan
    Pompa air saya sblumnya normal normal aja, krna lama ga di hidupin ditinggal mudik saya nyalain ko ga muter ya cuma berdengung. Solusinya gmna ya apa di biarkan nyala smpe muter
    Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di coba seperti uaraian saya di atas.
      mudah-mudahan membantu.

      Delete
  37. Halo mas mesin jet pump sy tiba2 konslet listrik saat dinyalahkan. Dan saat sy Coba putar manual berat tdk bisa diputar. Apa penyebabnya ya mas? Sempet tercium bau seperti terbakar, tp sebelum konslet saat dinyalahkan listrik masih berdengung mesin

    ReplyDelete
  38. Kalau listrik sampai turun dan ada bau terbakar kemungkinan spul/kumparan sudah short.
    Silahkan di bongkar untuk memastikan dan di gulung ulang solusinya.

    ReplyDelete
  39. Sore gan...
    Aku baru beli pompa air shimizu otomatis P 135 E. Saat dipasang normal2 saja, air jalan tp anehnya, kl tekanan dorong air jauh? Pompa langsung mati dan body panas, aku hidupkn lg, hidupnya muter pelan, setelh aku tggu 30mnt biar agk adem bodynya, ternyata hidup normal tp itu berulang, pdhl baru dihidupkn 5mnit kok mati/motor muternya pelan. Aku coba otomatis dinonaktifkn/aku lepas, sama saja seperti diatas. Mesin hidup muter tp pelan. Kira2 apanya? Mohon solusinya, pdhl pompa baru.
    Thanks atas bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan Kapasitor soak. Silahkan ganti kapasitornya.
      Atau kalau ada garansi toko coba di komplainkan saja.

      Delete
  40. saya punya sanyo otomatis ph137ac dipakai kurang lebih 5bulan pompa air tarikannya lemah, seminggu kemudian ngejam sendiri dan berdengung.
    setelah diamati body panas dan kipas pendingin berat saat diputar.
    saya buka tutup impler dan putar2 sambil semprot wd40 udah lancar, trus dipasang kembali.
    setelah dipakai 3hari pemakaian 1jam/hari kembali ngejam dan berdengung.
    padahal di dalam impler tidak ada kotoran dan pasir.
    kira2 kenapa ya gan?

    ReplyDelete
  41. saya punya sanyo otomatis ph137ac dipakai kurang lebih 5bulan pompa air tarikannya lemah, seminggu kemudian ngejam sendiri dan berdengung.
    setelah diamati body panas dan kipas pendingin berat saat diputar.
    saya buka tutup impler dan putar2 sambil semprot wd40 udah lancar, trus dipasang kembali.
    setelah dipakai 3hari pemakaian 1jam/hari kembali ngejam dan berdengung.
    padahal di dalam impler tidak ada kotoran dan pasir.
    kira2 kenapa ya gan?

    ReplyDelete
  42. Mas, saya pakai Shimizu PS135-E.
    Normalnya kan jika Kran di tutup Pompanya langsung mati karena Otomatisnya bekerja.
    Naah terkadang (tidak sering) jika sehabis pakai Air (Khususnya Mandi), walaupun Kran sudah di tutup, Mesinnya terus-terusan menyala, seperti Otomatisnya tidak bekerja.
    Itu kenapa yaa ??

    NB:
    Shimizunya itu dipakai sebagai Pendorong Air agar Semburan Air lebih kuat.

    Terima kasih.
    :)

    ReplyDelete
  43. maaf mas saya mau tanya kalau mesin pompa tida secara langsung berputar harus di putar dulu sedangkan capasitor sudah di ganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yakin kapasitot bagus, kemungkinan kumparan bantu/starting bermasalah, putus jalur/terbakar.

      Delete
  44. Shimizu suara Den gung kapasitornya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar iya. bisa langsung dipraktekkan artukel di atas

      Delete
  45. Permisi gan minta pencerahan nya
    Mesin pompa simizu 125 watt otomatis.
    Saya pake buat shower aja
    Kalo keran d buka tetep mesin nyala
    Trus d pake 10 menit juga langsung overheat lalu mesin mati
    Kira kira apa penyebab nya

    ReplyDelete
  46. Cara simpel ngatasinya gmna gan,

    ReplyDelete
  47. Malam gan, mohon bantuan nya, sy lg belajat gulung pompa air merk shi**zu setelah di gulung putaran hrs dibantu baru bisa berputar, sy coba ganti kapasitor nilai bya sama masih tetap hrs dibantu, kira2 apa nya ya gan, mohon pencerahan nya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada yang salah arah dalam menggulung, coba di cek dulu.

      Delete
  48. pompa air shimizu kasus sama stlh gnti kapasitor dg ukuran sama aslinya 8uf putaran msh pelan setelah di dobel 2 kapasitor baru bisa mutar kencang.. maslahnya ada masalah ngga kalo saya pasang 2 kapasitor?..

    ReplyDelete
  49. Mo tanya saya baru beli pompa shimizu 128 bit manual memakai toren....yg saya tanyakan kenapa pompanya cepet panas y....di pakai setengah jam kaya agak2 panas gitu di pegang tangan....tpi air semburan ke toren lancar..masalahnya dmn y

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf lama gak buka blog. melihat semburan air normal kemungkinan panas yang normal karena sedang kerja. kalau tangan masih mampu memegang pompa tersebut.

      Delete
  50. Pompa saya ketika off kipas bisa berputar,setelah saya sambungkan ke listrik(on) hanya berdengung dan kipas tdk bisa berputar.saya bantu berputar tdk bisa alias macet.minta sarannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf lama gak buka blog. kemungkinan kapasitor minta di ganti.

      Delete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. Selamat malam,

    Saya ada kasus begini, pompa air dirumah saya berdengung dan tidak mengeluarkan air...namun jika ditunggu kira2 10menit, pompa tidak berdengung lagi...mengeluarkan suara seperti biasa, dan air nya mengalir seperti biasa.

    Yg ingin saya tanyakan, kerusakan ada dimana ya?

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf lama gak buka blog. kemungkinan ada hambatan di as pompa, bisa kotoran/lumpur di kipas pompa atau bearing yang seret/aus. kalau dibiarkan terus-menerus pada kondisi ini ada kemungkinan spul bisa hangus.

      Delete
  53. Mas mau tanya sy beli pompa simizhu ps 35 baru.pas beli di cba nyala.kira2 1thn gak dipakai pompa tsb pas mau dicoba pakai gak ada suara dan mesin gak nyala.kira2 apanya ya.krn dr beli langsung sy masukin dlm kardus lg.mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf lama gak buka blog. bisa dicoba cara diatas dengan memutar as pompa lewat bagian belakang.

      Delete
  54. Mau tn,mesin sanyo cmn berdengung padahal baru di beli 1 hari,sya sdh coba di putar baling" alhamdulilah bisa setelah di coba lagi hasil berdengung,jadi kerja saya putar" melulu kipasnya,padahl masih baru apa tersumbat dgn pasir atau ad penyebab lainnx, tlong penjelasannya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf lama gak buka blog. kalau masih baru coba hubungi tokonya saja minta garansi atau ganti kapasitornya saja.

      Delete
  55. Aliran Listrik ada tapi mesin pompa (shimizu 375 ) tetap mati tak bergeming..
    Dan Pelampung otomatisnya juga gak putus,..
    Gmna cara memperbaikinya nya pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf lama gak buka blog. untuk memastikan aliran listrik kalau pakai tespen dicoba bolak-balik jeknya. untuk memastikan tidak ada kabel terputus atau dicoba menyalakan lampu. kalau dah yakin aliran listrik sampai dan tidak ada reaksi pompa kemungkinan spul putus, walau jarang. biasanya pompa berdengung atau listrik mati.

      Delete
  56. mf gan saya punya mesin air merk zimitsu,suara ada ,tpi kipas ny gk mau muter harus di bantu pake tangn,baru lancar,problem nya apa ya,mkch

    ReplyDelete
  57. Maaf gan saya mau tny ni, klo temen2 diatas keluhannya pompa berdengung tp air gk nyala klo pny saya begitu kran air dibuka pompa gk ada bunyi apa2 tp waktu kipas diputar dengan obeng baru nyala dan klr air apa itu jg kapasitor nya??? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  58. Pompa air saya shimizu pak, saat 10 menit dihidupkan panas dan mati, tapi saya biarin 5 menit hidup kembali dan mati lagi. Gimana ya solusinya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada sedikit konsteling di spul. karena shimizu pasang thermostat ( akan memutus aliran listrik jika panas melebihi ambang batas dan menyambung kembali jika sudah dingin ).
      solusi spul ulang.

      Delete
  59. gan mau tanya, pompa air saya mendekur tidak berputar. terus mati, lalu saya cabut arus listriknya, nunggu adem dulu lalu apakah ntar bisa nyala lagi setelah adem ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada sedikit konsteling di spul. karena shimizu pasang thermostat ( akan memutus aliran listrik jika panas melebihi ambang batas dan menyambung kembali jika sudah dingin ).
      solusi spul ulang.

      Delete
  60. Permisi gan mau tnya.. kluaran kabel ada 3 dari motor.. semua. Berhubungan . Apakah salaunya ada ground..
    Dan jika saya . Pakai semua tidak bisa berputar.. jika saya lepas salah satu yg manapun.. bisa berputar tetapi menggunakan tangan.. untuk pengecekan kapasitor.. sepertinya aman.. untuk toleransinya bagus.. dan . Percikan apinya besar.. penyimpan arusnya pun lebih 600 v
    Butuh masukan yg 3 kabel dong.. dengan . Kapasitor 14uf 450v

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 kabel semua di pakai. di spul sebenarnya ada 4 ujung. 2 ujung kumparan utama dan 2 ujung kumparan star. ujung awal masing2 kumparan dijadikan 1. dan ada 1 ujung akhir kumparan utama dan 1 unung akhir kumparan star.
      ujung yang di gabung dan ujung akhir kumparan utama terhubung ke listrik. dan ujung akhir kumparan start terhubung ujung akhir kumparan utama melalui kapasitor.

      Delete
  61. Kalau di putar pake obeng gak muter apa nya pak? Sama di tespen di bodi ada listrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan bearing minta diganti ata ada kotoran yang menghanbat. bodi ada listrik kemungkinan ada kebocoran. kalau setelah ganti bearing pompa sudah bisa berputar solusinya jek listrik coba di balik untuk menghilangkan strum di bodi.

      Delete
  62. Baru beli Shimizu pd 150, baru pake 2 kali dan saya tinggal 3 minggu, skr saya balik ke rumah dan nyalakan pompa kok g ada suara hanya terasa sedikit getar dan terasa panas dan tdk sedot air, apa solusinya gam

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf lama gak buka blog. bisa di coba solusi diatas satu per satu.

      Delete
  63. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  64. Izin bertanya, pompa air saya rusak,dinamo hangus, awalnya hidup 30dtk padam 10 menit, begitu terus, sampai kluar bau hangus, sekarang saya ganti baru, baru d pakai air kluar dg pasir yg banyak, kemudian padam cm berdengung dan kipas tdk mau berputar, apakah mesinnya tersumbat dengan pasir? Bagaimana solusinya?,Trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusinya dengan membersihkan pasir yang menghambat putaran kipas. caranya dengan membuka 3 atau 4 baut ( tergantung merk pompa ) yang ada di depan. Setelah baut berbuka biasanya perlu di congkel untuk membukanya. Setelah terbuka bersihkan semua pasir dengan menyiram air. Pastikan benar-benar bersih dan putaran ringan. Kalau sudah yakin bersih, silahkan tutup kembali dan di coba.
      Mudah-mudahan membantu.

      Delete
  65. Ijin bertanya mesin pompa saya ada suara mendengung sendirinya saat pompa dalam kondisi tidak mati mohon di bantu apa sekiranya yg menyebab kan terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya mendengung pompa tidak mati gimana ya?
      1. tidak mati itu tetap berputar dan air mengalir ada suara dengung?

      atau
      2. tidak mati aliran listriknya, ada suara dengung dan pompa tidak berputar dan air tidak mengalir?

      Kalau no 2 bisa dicoba sesuai langkah2 diatas.
      kalau no 1 agak aneh ini, mungkin ada gesekan di putaran pompanya.
      moga membantu.

      Delete