ads

Saturday, March 29, 2014

TV AKARI FLAT 21" ADA SUARA PLETEK-PLETEK DAN BERDESIS

     Kali ini datang TV merk AKARI 21 inci dengan keluhan ada suara berdesis dan pletek-pletek yang cukup keras. langsung saya coba colokan jek tv ke stopkontak listrik. dan benar saja, terdengar suara pletek-pletek cukup kuat dan suara desisnya. langsung saja ku cabut jek listriknya.
     Langkah selanjutnya buka penutup belakang tv dengan melepas baut-bautnya terlebih dahulu. setelah terbuka terlihat jelas karet tudung anoda sudah keriput dan retak-retak.

karet anoda tv akari 006 service


pantas saja suaranya seperti itu, lha tegangan tingginya pada bocor kemana-mana, tanpa pikir panjang langsung saja ku ganti karet tudung anodanya, singkat cerita penggantian selesai dilaksanakan, tiba saatnya pengujian.
     Setelah jek di colokkan suara pletek-pletek kini hilang, namun masih terdengar suara berdesis dari bocoran karet tudung anoda, gambar sudah muncul namun ada cacatnya, seperti ada pelangi dilatar belakangnya seperti ini :

tv akari flat 006 service

waduh, dapat bonus nih.
penyebab gambar seperti ini karena PTC tidak bekerja, yang mengakibatkan degausing juga tidak bekerja.

ptc tv akari 006 service

PTC yang mati

letak ptc tv akari 006 service

lokasi PTC di mainbord


     Langsung saja dilakukan penggantian PTC tersebut,  tak lupa untuk menghilangkan suara desis dari sedikit kebocoran di karet tudung anoda dengan mencuci tabung bagian karet anoda menggunakan kain dan air sabun. Hal ini saya lakukan karena dulu pernah mencoba cuci menggunakan thinner, tetapi kebocoran masih terjadi, dan justru thinnernya malah menghilangkan cat atau apa itu, pokoknya yang warna kemerahan dibawah karet malah jadi hilang.
setelah bersih dan kering tinggal melakukan uji coba, dan berikut hasilnya :

tv akari normal 006 service

TV menyala dengan warna normal, dan suara desis juga hilang.
Alhamdulillah, akhirnya selesai juga.
tambahan informasi :
model TV : IC-21F99ALN
Tr Horisontal : D1651
Vertikal LA 78040
Single Chip NT 11105pc359AG
IC audio CD 7523CS
FBT BSC25-N0435 dengan susunan : TP Colector TP B+ TP TP Gnd Heater ABL 180V

semoga bermanfaat bagi semuanya.

3 comments: