ads

Thursday, July 4, 2013

TV PANASONIC TC-14S20 TIDAK ADA SUARA, OSD BERGETAR & TCL HANYA GARIS MENDATAR

    TV PANASONIC TC 14S20 TIDAK ADA SUARA, OSD BERGETAR

      TV ini menggunakan IC program MN152811TZX, IC chroma AN 5192k-B, Audio menggunakan IC AN5270, Horisontal D2499, vertical LA 7837, power regulator C5253 dan FBT dengan seri TLF-46503F
    Penyebab tv ini tidak ada suara karena D230 putus, setelah dilakukan penggantian maka suara pun terdengar normal, untuk masalah ke dua OSD terlihat bergetar, lakukan resolder pada jalur h-syn dan v-syn. setelah dilakukan penyolderan ulang maka tv sudah dalam kondisi normal.
     Selanjutnya uji coba tv dinyalakan dalam waktu cukup lama dan alhamdulillah tidak ada masalah lagi.

TV TCL HANYA GARIS MENDATAR

Dapat panggilan service TV merk TCL dengan keluhan gambar cuma garis mendatar. Berikut solusi dan langkah-langkah perbaikannya :

  1. Buka casing belakang tv.
  2. Ambil mesin tv dengan melepas kabel-2 yang menancap, sebelumnya tak lupa buang dulu sisa tegangan yang tersimpan di tabung dengan kabel multitester di shortkan ke ground.
  3. Cek komponen area vertikal, di dapati beberapa elco sudah kering.
  4. Ganti beberapa elco di area vertical.
  5. Pasang kembali mesin ke tabung untuk di coba.
  6. Hasil uji coba gambar cuma membuka beberapa cm di tengah.
  7. masuk service mode untuk setting vertikal dengan cara pencet volume di panel tv sampai 0 tahan, kemudian pencet display di remot, di kanan atas layar muncul huruf D, pencet angka 1 untuk setting v-size dll. hasilnya belum memuaskan juga. pencet power untuk menyimpan dan keluar.
  8. Yuke ( kumparan vertikal di tabung ) pun akhirnya di jadikan tersangka.  Lepas yuke dari tabung. cek dengan avo meter. jarum bergerak normal. tanda kumparan masih tersambung, tapi karena kumparan vertikal ada 2 dan di pasang paralel maka untuk mengecek harus di lepas dulu salah satu nya dengan memotong 1 titik, selelah di cek ternyata kumparan vertikal atas putus...tusss.
  9. Bongkar kumparan vertikal atas untuk menemukan kawat yang terputus. yang ternyata ada di bagian paling bawah kumparan.
  10. Sambung kawat kumparan yang putus dengan solder agar kuat,
  11. Gulung kembali kumparan kawat vertikal atas.
  12. Pasang kembali yuke ke tabung dan siap di uji coba.
  13. Alhamdulillah gambar sudah membuka penuh,
  14. Masih dapat bonus, ternyata warna gambar dominan merah.
  15. Masuk ke service mode lagi untuk pengaturan warna. kalau tadi pencet 1 untuk pengaturan v-size dll sekarang pencet 0 untuk pengaturan warna.
  16. Atur R (red) G (green) dan B (blue) sampai warna terlihat natural. Tekan power untuk keluar dan menyimpan setting,
  17. Alhamdulillah akhirnya kelar juga. tinggal tulis nota,
nb. : - sambil minum yang disediakan, tuan rumah bercerita kalau sebelumnya tv tersebut telah di servicekan ke bengkel lain dan di vonis tabung telah rusak,
- penting untuk diketahui kerusakan dan gejala boleh sama, tapi penyebab bisa jadi berbeda.
semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

No comments:

Post a Comment