ads

Sunday, March 17, 2013

TV China nyala 1 menit an terus mati dan SHARP 20u25 mati total

     Pasien kali ini, TV china dengan IC tunggal 902805 ( yang tertulis di bodi ), keluhannnya waktu pertama di nyalakan normal, selang beberapa saat layar gelap, suara masih ada, lama kelamaan suara menyusul hilang dengan posisi lampu stanby masih nyala. Pada kondisi ini kalau di pencet power di remot tetap tidak mau keluar gambar. Tapi kalau saklar lewat on/off atau steker di cabut terus di pasang keluar gambar lagi.
     Kecurigaan pertama di bagian horisontal, FBT tidak cukup mendapat tegangan karena elco kering, pengecekan pun dilakukan dengan menggunakan avo digital untuk mengukur suply tegangan di fbt, pada saat tv dion kan terukur tegangan 111 v ( normal ), tunggu sampai gambar hilang tegangan masih sama 111 v, begitu juga waktu suara hilang tegangan masih terukur sama, berarti tidak ada masalah di jalur B+ horisontal.
   Pemeriksaan pun dilanjutkan, kali ini melepas TR horisontal untuk pengecekan suply tegangan driver sekaligus pengecekan TR horisontal. Setelah dilepas dan di cek ternyata masih bagus kondisinya. selanjutnya pengecekan driver untuk TR Horisontal. Dengan menggunakan avo analog pada posisi ac 10v kucolokkan ke lubang tempat basis & Emitor TR horisontal.  Setelah steker di colokan terukur ac sekitar 2V namun setelah beberapa saat tegangan hilang sama sekali. Nah lo... kemana gerangan menghilangnya tegangan ini ?
   Pekerjaan selanjutnya menelusuri jalur driver horisontal menuju oscilatornya dari tr driver dll menuju IC semua masih dalam kondisi bagus. Wuiiiih cukup rumit juga ini ( pikirku ).
    Selanjutnya pengecekan tegangan di IC tunggal,  H out & H Vcc ternyata normal, namun ada yang janggal untuk vcc IC terukur 4,6 v ( normalnya 5V ) dan pada saat gambar hilang tegangan terukur cuma 3,9v. Ini dia, pasti penyebabnya  ini.
    Akhirnya pencarian pun di mulai dari jalur vcc menuju ke power suplly, beberapa elco di jalur ini pun aku ganti agar tak kelewatan karena biasanya kasus seperti ini karena elco yang kering.
   Setelah penggantian beberapa elco, kembali aku coba nyalakan, ternyata masih sama saja. mati setelah beberapa saat menyala dengan normal.
     waduh-waduh opo meneh iki penyebabe ( gumamku dalam hati ).
    Lanjuuuuuuuuuuuuuuut....
Pengecekan pun di lakukan ke komponen lain di jalur tersebut, resistor, kapasitor, zener dengan melepas satu kaki dari boardnya. satu-persatu aku cek komponen-komponen tersebut semua masih dalam kondisi ok.
Lhadalah, koq ora nemu sing error ( kataku lagi dalam hati ). Akhirnya kukembalikan lagi kaki-kaki komponen yang aku lepas lagi dan kusolder kembali.
    Benar-benar bikin pusing nih tv, selanjutnya coba kucolokan jack ke stopkontak untuk pengukuran selanjutnya, Seperti biasa gambar dan suara keluar dengan bagus. Aku tunggu beberapa saat, satu menit, tiga menit, lima menit. Lhooooo lhoooo.....koq tidak mati-2. masih menyala dengan normal nich. koq bisa ? tanya ku dalam hati. ku coba matikan dan nyalakan lagi, ku tunggu lagi, ternyata memang normal dan tidak mati lagi.
     Penasaran akhirnya ku amati lagi bagian-bagian yang tadi aku lepas. dan akhirnya kutemukan juga permasalahnnya, ada sebuah dioda zener yang kelewatan tidak tersolder ulang. tapi dengan ketidak sengajaan tersebut permasalahan pun terselesaikan. zener bernilai 6v1 ini kalau diukur dengan avo dalam kondisi masih bagus ( tidak short ). karena tidak tersolder maka tegangan 5v tidak terkorup dan terukur normal.  setelah dilakukan penggantian zener ini tv pun menyala dengan normal.
    Alhamdulillah ya Alloh, akhirnya selesai juga pekerjaan ini, meskipun dengan ketidak sengajaan ketemunya.

TV sharp 20u25 mati

Tv ini menggunakan ic tunggal tda 9381 PS, regulator strf6654, vertikal TDA8357, Horisontal D2586, Audio TDA 7056A, FBT F0194 PEN1-SA, memori 24c04.
Datang dalam kondisi Matot ( mati total ). Berikut langkah-langkah perbaikannya :

  1. Buka tutup belakang dengan membuka beberapa baut.
  2. Buang muatan yang mungkin masih tersisa di tabung dengan menshortkan ke ground tabung dengan kabel  multi tester.
  3. Lepas mesin dengan mencabut kabel-kabel yang menempel.
  4. Membersihkan debu yang menempel di board menggunakan kuas dan peniup debu.
  5. Cek fisual komponen-komponen dari kemungkinan kerusakan yang tampak, didapati C756 dalam kondisi melembung.
  6. Cek bagian regulator, karena tv dalam kondisi matot berarti regulator belum bekerja, ditemukan R725 bernilai 560K dalam kondisi putus.
  7. Lakukan penggantian komponen & resolder di titik-titik yang rawan retak karena panas.
  8. Running test, tv nyala dengan normal.
  9. Pasang kembali tutup belakang tv.
  10. Buat nota.

mudah-mudahan berguna bagi semua pembaca.

No comments:

Post a Comment