ads

Friday, February 8, 2013

TV VOTRE GAMBAR LARI NAIK/TURUN KADANG BLANK BIRU

     Awan gelap menyelimuti langit, ketika aku berangkat mendatangi panggilan service tv ini.  Singkat cerita aku sampai ke tempat tujuan sebelum hujan turun.
     TV masih dalam kondisi menyala dengan gambar yang lari-lari kadang blank biru ketika aku datang.  Setelah melihat sebentar dugaanku mengarah ke bagian vertikal yang bermasalah. Segera saja aku keluarkan alat-alat untuk membuka casing tv, tak lupa solder aku tancapkan terlebih dulu ke stop kontak.
     TV ini masih lumayan baru, "belum lama belinya" kata yang empunya.  Setelah casing terbuka, memang kelihatan mesinnya masih belum penuh dengan debu, segera kuambil kuas untuk membersihkan sedikit debu yang menempel sambil mengamati solderan-solderan yang retak. Setelah cukup bersih segera kulakukan penyolderan ulang di beberapa titik yang kelihatan retak, terutama bagian vertikal yang aku curigai tadi.
     Selesai melakukan penyolderan ulang, tv coba ku nyalakan, dan hasilnya.....? wadaw..... koq masih tetap seperti semula. " waduh... koq gak ada perubahan samasekali nich" batinku. TV masih kondisi menyala, kunyalakan sebatang rokok mengurangi penat sambil berpikir mencari solusi lain.
     Sambil mengisap rokok kuamati lagi gambar yang ada dilayar, kali ini antena aku cabut dan layar dalam kondisi blank biru, dalam kondisi ini baru kelihatan ternyata layarnya berdenyut seperti ada tegangan yang naik turun, em... ternyata ada tegangan yang tidak stabil. Coba kumatikan kipas angin yang sedari tadi dinyalakan si empunya yang berdekatan dengan tv ini. Setelah kipas mati kuamati lagi layar tv, ternyata masih berdenyut, berarti memang ada "sesuatu" di bagian regulatornya. Perlu diketahui, kadang induksi kipas angin juga mempengaruhi naik turun tegangan terutama jika kipas tersebut putarannya sudah tidak stabil.
     Setelah yakin di bagian regulator, maka perhatian ku fokuskan lagi ke bagian regulator terutama elco-elconya. Secara visual tampak dari atas, semua elco masih kelihatan bagus, tapi untuk lebih meyakinkan maka aku lepas satu-persatu elco bagian output regulator tersebut.
     Dimulai dari kecurigaan pertama ( bagian vertikal ), elco bagian bawah masih bagus, selanjutnya giliran tegangan 12v aku angkat, dan ....lhadalah... ternyata bagian bawah elco ini sudah melendung, padahal sekilat dari atas tadi masih kelihatan bagus.. E..e..e disini ternyata biangkeroknya, elco bernilai 470/16v ini sudah hampir meletus. Segera kubuka stok elco ditas untuk mengganti elco ini. Waduh ternyata tinggal 1000/16v, daripada harus pergi jauh-jauh ke toko elektronik hanya untuk membeli 1 elco maka aku pasang saja elco tersebut.
  Setelah penggantian elco tersebut, segera ku coba nyalakan kembali tv tersebut. Alhamdulillahirabbil 'alamin, puji Tuhan Allah tv dapat menyala dengan normal kembali. Setelah running test beberapa saat tidak ada masalah, maka kupasang casing dan hitung-hitungan dengan yang empunya.
     Oh iya, aku minta maaf tidak sempat mencatat bagian-bagian tv ini karena keburu-buru . yang aku ingat tv ini menggunakan tabung eks monitor flat dengan dua fokus, single chip, vertikal la78040.

     Semoga bermanfaat buat rekan-rekan.

4 comments:

  1. Mas saya baru beli ya votre yg lcd 15inc tp layarnya tu sebelah doang yg bgus sebelah klise..
    Tlp servis center g bsa..
    Ke toko ktanya brang yg udah dibeli tanggung jwb pembeli.
    Gmn mas bsa bantu gk,,,

    ReplyDelete
  2. Mas saya bru beli tv votre 2mgu tp layarnya dr awal tu sebelah klise sebelah bgus.
    Ke toko suruh ke servis center
    Tp ditlp g bsa2....
    Gmn solusinya ya...

    ReplyDelete
  3. Mohon maaf karena kesibukan terlambat membalas. mudah-mudahan sekarang sudah selesai permasalahannya. Kalau saya sendiri jika menerima service an barang masih bersegel selalu saya tanyakan masih garansi atau tidak dari toko atau sc nya, meskipun sebenarnya saya suka ada barang service masuk. Kalau barang masih garansi saya tetap menyarankan untuk di klaim kan. karena sayang kalau dibuang masa garansinya.
    Kalau di daeah saya biasanya toko mau membantu menguruskan garansinya, dengan catatan sabar menunggu kunjungan sales berikutnya.
    Kalau mendapati toko gitu kita cuma bisa merekomendasi ke teman,saudara,relasi dll untuk tidak usah membeli produk di toko tersebut.
    sekali lagi maaf terlambat dan terimakasih sudak berkunjung.

    ReplyDelete